Gempa Tektonik 5,5 Magnitudo Guncang Bengkulu, Warga Jangan Terpancing Isu Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
12 Jan 2019   09:20

Komentar
Gempa Tektonik 5,5 Magnitudo Guncang Bengkulu, Warga Jangan Terpancing Isu Tsunami

Ilustrasi gempa bumi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan informasi tentang gempa tektonik berkekuatan 5,5 magnitudo yang mengguncang Bengkulu, Sabtu (12/1) dinihari pukul 02.05 WIB. Gempa dirasakan di Kabupaten Bengkulu Utara, Lebong, Mukomuko, Kota Bengkulu, Kepahiang dan Bengkulu Selatan.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa dengan magnitudo 5,5 terjadi di koordinat episenter pada 3.37 Lintang Selatan (LS) dan 101.29 Bujur Timur (BT). Tepatnya di 77 kilometer Barat Daya, Kabupaten Bengkulu Utara, pada kedalaman 10 kilometer.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia. Tepat di zona megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

Baca Lainnya : Peristiwa Gempa Bumi 2018 di Indonesia Naik Dua Kali Lipat Dibanding Tahun Sebelumnya

"Gempa tidak berpotensi tsunami," kata Mahdi Kokab Zawawi, PMG Pelaksana, Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, melalui keterangan resmi, Sabtu (12/1).

Ia menambahkan jika berdasarkan hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Walau begitu, ia meminta masyarakat di sekitar wilayah Bengkulu agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

''Kami mengimbau masyarakat tetap tenang. Gempa tidak berpotensi tsunami,'' tegasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: