Swasembada Jagung, Banten Suplai Kebutuhan Nasional 

TrubusNews
Yandi | Followers 0
11 Jan 2019   22:30

Komentar
Swasembada Jagung, Banten Suplai Kebutuhan Nasional 

Jagung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Setelah melaksanakan program upaya khusus (upsus) dari Kementerian Pertanian (Kementan), produksi jagung di Banten meningkat drastis.

"Untuk jagung tidak menggunakan (sistem perhitungan) KSA (Kerangka Sampel Area). Tahun 2018 kenaikannya 231,49 persen. Tahun 2017 produksinya 63 ribu ton, seentara tahub 2018 produksinya meningkat 210 ribu ton," kata Agus Tauhid, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Banten, saat ditemui diruangannya, Jumat (11/01/2019).

Melalui program upsus Padi, Jagung Dan Kedelai (Pajale) ini, Banten mampu memenuhi seluruh kebutuhan pakan ternak lokal Banten. Lahan perkebunan jagung di seluruh Banten, mencapai 90 ribu hektare.

Luasnya areal pertanian jagung tersebut mampu menghasilkan produksi yang melimpah. Saat ini telah berdiri pabrik  pengolah pakan ternak di Banten yang bersedia membeli hasil jagungnya. 

"Peluangnya sudah di tangkap oleh perusahaan, mereka siap membeli jagung dalam keadaan basah," ujarnya.

Pemprov Banten pun terus berupaya menyalurkan bantuan mesin pengering jagung, sehingga petani bisa menjual jagungnya dengan harga yang lebih tinggi jika dalam kondisi kering.

"Mengingat hampir 50 persen industri pakan ternak ada di Banten, kebutuhan jagung per harinya 4.500 ton," jelasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

DBD Mulai Hantui Warga Jatim

Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: