Kepala BNPB Baru Tinjau Lokasi Bencana Longsor Sukabumi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Jan 2019   21:00

Komentar
Kepala BNPB Baru Tinjau Lokasi Bencana Longsor Sukabumi

Kepala BNPB Doni Monardo (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Dori Monardo langsung meninjau lokasi bencana longsor di Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (11/1).

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok dilanda bencana longsor yang menewaskan sejumlah warga di sekitarnya.

Sebelumnya Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan daerah di Kabupaten Sukabumi banyak yang rawan longsor.

Baca Lainnya : Alasan Jokowi Tunjuk Doni Monardo Jadi Kepala BNPB Baru

Di mana Sutopo mengungkapkan, kondisi topografi perbukitan dengan batuan penyusun yang porus, gembur dan lepas menyebabkan mudah longsor. Banyaknya penduduk yang tinggal di daerah rawan longsor menyebabkan tingkat risiko longsor tinggi.

"Selama 10 tahun terakhir telah terjadi 132 kali longsor di Sukabumi dengan beberapa kejadian diantaranya menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan," ujar Sutopo.

Mitigasi longsor masih memerlukan banyak perhatian, baik mitigasi struktural seperti penguatan tebing, pemasangan sistem peringatan dini longsor, penghijauan dan lainnya, juga mitigasi nonstruktural seperti pemetaan, sosialisasi, tata ruang, pendidikan kebencanaan, gladi dan lainnya.

Baca Lainnya : Kepala BNPB Baru Fokuskan Penanganan Bencana di Empat Wilayah

Puncak musim penghujan sebagian besar wilayah Indonesia adalah Januari hingga Februari. Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya.

Sukabumi juga dikelilingi oleh lautan yang memerlukan perhatian fasilitas mitigasi bencana. Untuk itu, Kepala BNPB juga akan meninjau sejumlah fasilitas di pinggir pantai.

Sementara itu pada Sabtu (12/1) besok, usai dari Sukabumi Doni akan menuju kawasan Sumur, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang menjadi kawasan terdampak bencana tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018 lalu. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Baru Dibuka, Bukit Gunung Rinjani Terbakar

Thomas Aquinus   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: