BMKG Telah Usulkan Pengembangan Teknologi Mitigasi Sejak Awal Tahun Lalu

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
11 Jan 2019   20:30

Komentar
BMKG Telah Usulkan Pengembangan Teknologi Mitigasi Sejak Awal Tahun Lalu

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, BMKG sebenarnya telah mengusulkan adanya pengembangan teknologi mitigasi sejak awal tahun 2018 lalu.

Pihaknya mengatakan bahwa rencana tersebut sebenarnya sudah disiapkan sejak akhir 2017.

“Seluruh peralatan sudah dilakukan audit pada November dan Desember 2017 usulan adanya pengembangan teknologi mitigasi juga sudah masuk ke presiden Januari 2018,” kata Dwikorita Karnawati di Jakarta, Jumat (11/1).

Baca Lainnya : Kepala Daerah Perlu Memahami Mitigasi Bencana

Dikatakan Dwikorita, rancangan pengembangan tidak hanya diusulkan ke presiden tapi juga ke DPR dan negara donor. Pada Februari 2018 lalu rancangan tersebut mendapat arahan untuk dibahas lebih lanjut.

"Tindak lanjut ini perlu waktu, karena memerlukan keterlibatan berbagai lembaga sebab BMKG tidak bisa bekerja sendiri. Proses ini berjalan tapi sebelum bisa terealisasi bencana sudah terjadi," sambungnya.

Menurutnya, pengembangan teknologi diperlukan dalam mitigasi bencana karena muncul fenomena baru seperti yang terjadi pada 2018.

Baca Lainnya : INFOGRAFIS: Mitigasi Bencana, Penyelamat Jiwa Manusia

“Tsunami yang datang lebih cepat dari peringatan dini tsunami di Palu dan terjadinya tsunami di Selat Sunda yang diduga akibat longsoran Gunung Anak Krakatau,” ucap Dwiorita menambahkan.

Pihaknya menjelaskan, salah satu rancangan pengembangan teknologi adalah terkait pengembangan sensor yang dipasang di dasar laut, karena selama ini sensor yang ada dipasang di permukaan laut.

Menurutnya dengan adanya sensor di dasar laut ketika terjadi getaran atau tekanan yang kuat karena tsunami bisa langsung terdeteksi.

"Itu sedang dikaji teknologinya oleh BPPT, tapi ini perlu proses," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

DBD Mulai Hantui Warga Jatim

Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: