Puntung Rokoknya Picu Kebakaran Lahan, Sabri Dijebloskan ke Tahanan

TrubusNews
M Syukur | Followers 2
11 Jan 2019   06:00

Komentar
Puntung Rokoknya Picu Kebakaran Lahan, Sabri Dijebloskan ke Tahanan

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Pelaku pembakar tiga hektar lahan di Kota Dumai menjadi penghuni baru sel di Mapolres setempat. Pelaku MS alias Sabri menjadi orang pertama yang ditangkap pada 2019 dalam kasus Karhutla.

Kapolres Kota Dumai, Ajun Komisaris Besar Restika Perdamean Nainggolan menyebut, pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangkan dan dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca Lainnya : Pancaroba Tiba Lebih Awal, Kawasan Pesisir Riau Mulai Terancam Karhutla

"Pelaku diduga sengaja membakar lahan di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai pada akhir pekan kemarin," kata Restika, Kamis (10/1).

Kebakaran saat itu berhasil dipadamkan tim gabungan TNI, Polri, Manggala Agni dan masyarakat. Polisi yag menangani kasus ini langsung mengusut dan menemukan Sabri berada di lokasi. "Dia juga sebagai pemilik lahan," ucap Restika.

Saat diinterogasi, tersangka mengaku sebelum kejadian membersihkan lahan. Di sana, pelaku membuang puntung rokok hingga memantik api karena cuaca saat itu panas, ditambah dengan hembusan angin kencang.

Baca Lainnya : Karhutla di Rokan Hilir, Warnai Awal Tahun 2019 di Riau

Dengan cepat, api puntung rokok langsung masuk ke dalam tanah berkontur gambut itu. Tersangka mengaku telah berupaya memadamkan api dengan memukul menggunakan ranting. 

"Namun api justru semakin membesar. Bunga api dari pukulan kayu bertebaran dan loncat ke lahan lainnya," jelas Restika. 

Dari hasil gelar perkara, Polisi selanjutnya menetapkan Sabri sebagai tersangka dengan dijerat Pasal 108 Jo Pasal 69 Undang-Undang RI Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan hutan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Baru Dibuka, Bukit Gunung Rinjani Terbakar

Thomas Aquinus   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan: