Petani Gabah Kering Serdang Bedagai Raup Untung Besar

TrubusNews
Thomas Aquinus
11 Jan 2019   07:00 WIB

Komentar
Petani Gabah Kering  Serdang Bedagai Raup Untung Besar

Gabah padi (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Bisa menjual gabah kering panen (GKP) di atas Rp5.000 per Kilogram membuat petani di Kabupaten Sedang Bedagai, Sumatera Utara, merasa beruntung. Harga tersebut lebih tinggi daripada harga penetapan pemerintah (HPP) yang masih di angka Rp3.700 per Kilogram. 

Ketua Kelompok Tani Fajar di Desa Pematang Setrak, Untung mengatakan, harga GKP sebesar Rp5.000 per Kilogram terjadi saat curah hujan normal. Namun harga bisa berbeda ketika curah hujan tinggi. Petani hanya bisa menikmati harga jual Rp4.600 hingga Rp4.800 per Kilogram. 

"Sekarang ini curah hujan normal. Harganya Rp5.000. Jika musim hujan harganya turun, kadar airnya lebih tinggi. Tengkulak enggak mau rugi," kata Untung, Kamis (10/1).

Baca Lainnya : Masuki Musim Panen Pertama 2019, Petani di Serdang Bedagai Senyum Semringah

Untung menyebut, kelompok tani yang diketuainya mengelola lahan seluas 30 hektare dari keseluruhan sawah di desanya, seluas 323 hektare. Sekitar 150-an hektare memasuki musim panen dalam satu minggu ini. Selebihnya, akan memasuki panen di akhir bulan Januari.

"Modal bertanam Rp10 sampai 15 juta per hektare. Kalau panen 7 ton dikali Rp5.000, jadinya Rp35 juta," sebutnya.

Petani di Desa Pematang Tatal, Kecamatan Perbaungan, Serdang Bedagai, Ngadiri mengungkapkan, di desanya harga GKP sedikit lebih tinggi, Rp5.100 per Kilogram. Tidak sulit bagi petani untuk menjual gabah kering panen.

Baca Lainnya : Keren, Kementan Wujudkan Petani Milenial di Lahan Rawa

"Setiap panen, tengkulak datang ke lahan dan membelinya, enggak susah jualnya," ungkap Ngadirin.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara, M. Juwaini, membenarkan harga GKP di lapangan berkisar Rp5.000 per Kilogram.

"Lebih tinggi dibandingkan HPP yang berlaku saat ini, Rp3.700 per Kilogram," tandasnya. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: