Pemprov DKI: Air Kualitas Waduk Danau Sunter Aman untuk Berenang

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
10 Jan 2019   14:00

Komentar
Pemprov DKI:  Air Kualitas Waduk Danau Sunter Aman untuk Berenang

Waduk Danau Sunter (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pemprov DKI Jakarta menyatakan saat ini air di Waduk Danau Sunter aman dan tidak berbahaya bagi warga. Warga pun bisa berenang di waduk itu tanpa khawatir mengalami gatal-gatal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan yang mengatakan, Waduk Danau Sunter akan disulap menjadi lokasi wisata dan olahraga air, sehingga dirinya memastikan air di waduk itu sudah aman digunakan untuk aktivitas olahraga.

"Iya aman, sudah ada tes baku mutu airnya. Secara umum, semuanya bagus. Artinya bisa dipakai olahraga semua baik," ujar Teguh di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (10/1).

Baca Lainnya : Jokowi Targetkan Waduk Bendo Ponorogo Rampung Sebelum 2019 Berakhir

Bahkan, pada pertengahan 2018 lalu lokasi waduk juga sempat digunakan oleh Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertanding olahraga air. Dirinya memastikan bahwa kondisi air masih tetap aman dan akan lebih baik lagi.

Rencananya, Waduk Danau Sunter juga akan dibangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk memastikan kualitas air. Keberadaan IPAL di waduk pun diyakini tidak akan mengganggu aktivitas warga yang akan berwisata dan berolahraga disana.

"Justru dengan adanya IPAL pengolahan air di sekitar masyarakat itu pastinya akan jadi pengolahan. Jadi air limbah masyarakat itu tidak langsung buang ke waduk," kata Teguh.

Baca Lainnya : Waduk Koto Panjang Buka Pintu, 11 Kecamatan di Kampar Terendam Banjir

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengintegrasikan Waduk Danau Sunter menjadi kawasan terpadu dengan Stadion BMW, Sunter, Jakarta Utara. Pembangunan IPAL di Waduk Danau Sunter ditargetkan mulai dibangun pada Maret 2019, berbarengan dengan pembangunan Stadion BMW.

Total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan IPAL mencapai Rp 50 miliar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Proses pembangunan IPAL dengan kapasitas besar yakni 200 hingga 500 rumah tangga memakan waktu kurang lebih 6 bulan.

Selain akan disediakan berbagai olahraga air dan wisata air berkelas, di Waduk Danau Sunter juga akan dibuat rumah makan apung atau berkaca pada konsep Floating Market, Bandung. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: