BMKG Tegaskan Isu Tsunami di Tapanuli Hoax

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Jan 2019   12:00

Komentar
BMKG Tegaskan Isu Tsunami di Tapanuli Hoax

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa isu tsunami di Tapanuli, Sumatera Utara, Kamis (10/1) dini hari dinyatakan bohong atau hoax.

"Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan oleh BMKG Pinangsori, Sibolga dan BMKG Gunung Sitoli, Nias bahwa tidak didapatkan adanya gejala peristiwa tsunami," tulis pernyataan BMKG melalui akun twitter @infoBMKG, Kamis (10/1).

Akibat isu tsunami tersebut, sekitar pukul 02.30 WIB, BMKG melakukan analisis rekaman data sinyal seismik di sensor terdekat. Hasilnya tidak ada aktivitas kegempaan di Tapanuli dan sekitarnya.

Baca Lainnya : Masa Tanggap Darurat Bencana Tsunami Selat Sunda Berakhir Hari Ini

Selain itu, berdasarkan hasil pengamatan stasiun pasang surut (tide gauge) di wilayah Sumatera Utara, (Sibolga, Gunung Sitoli, Lahewa, Teluk Dalam, Pulau Tello, dan Tanabala) tidak ditemukan perubahan gelombang air laut yang signifikan atau hanya gejala normal pasang surut harian.

Sedangkan hasil pengamatan lapangan oleh BMKG Pinangsori, Sibolga dan BMKG Gunung Sitoli, Nias, bahwa tidak didapatkan adanya gejala peristiwa tsunami.

Untuk itu, BMKG meminta masyarakat untuk tidak mempercayai isu tsunami yang tidak dapat dipertanggung jawabannya.

Baca Lainnya : Rawan Tsunami, Kenapa Kabupaten Blitar Tidak Dipasangi Alat Pendeteksi?

BMKG juga telah mengimbau warga Tapanuli dan sekitarnya untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

Akibat isu tsunami tersebut, ribuan warga yang tinggal di pesisir pantai di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mendadak berhamburan keluar rumah, Kamis dini hari tadi.

Bahkan, ada warga mengungsi ke berbagai lokasi dataran tinggi, seperti perbukitan dan rumah-rumah ibadah, akibat beredarnya isu gelombang tinggi. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: