446 Rumah Sakit Rekanan BPJS Kesehatan Belum Terakreditasi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
10 Jan 2019   09:30

Komentar
446 Rumah Sakit Rekanan BPJS Kesehatan Belum Terakreditasi

BPJS Kesehatan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sampai sebanyak 446 Rumah Sakit (RS) rekana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang belum terakreditasi.

Kemenkes menyebut, jumlah tersebut setara dengan 20 persen dari total 2.217 rumah sakit yang menyediakan layanan BPJS Kesehatan.

"Rumah sakit yang kerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah terakreditasi sebesar 80 persen atau 1.771 rumah sakit dari total 2.217 rumah sakit yang kerja sama dengan BPJS Kesehatan," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek di Jakarta, Rabu (9/1).

Ditekankan Nila, Kementerian Kesehatan telah berulang kali memberikan imbauan kepada rumah sakit untuk segera melaksanakan akreditasi sebelum 2019. Tapi menurutnya imbauan tersebut belum diindahkan oleh seluruh rumah sakit.

Baca Lainnya: Menkes dan Dirut BPJS Kesehatan Perpanjang Kerja Sama bagi Rumah Sakit yang Belum Terakreditasi

"Pemberitahuan, pelatihan, dan imbauan sudah dilakukan sejak lama. Tahun 2017 satu kali dan tahun 2018 tiga kali agar selesai akreditasi sebelum 2019. Kami sudah berupaya tapi rumah sakit belum juga melakukan akreditasi," tambahnya Nila.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris menjelaskan akreditasi merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan rumah sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa rumah sakit telah memenuhi standar akreditasi. Sertifikat akreditasi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi bagi Fasilitas Kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

Untuk menindaklanjuti kerja sama BPJS Kesehatan dengan rumah sakit yang belum memiliki akreditasi, Fachmi mengatakan BPJS Kesehatan telah berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan.

Baca Lainnya: Belum Penuhi Akreditasi, BPJS Stop Kerjasama dengan 3 RSUD di Jakarta

Berdasarkan hasil diskusi tersebut, Fachmi mengatakan bahwa Menteri Kesehatan Nila Moeloek menerbitkan surat rekomendasi pada 31 Desember 2018 lalu. Per tanggal tersebut, menurut Fachmi seharusnya ada 616 rumah sakit yang belum terakreditasi.

Berdasarkan surat rekomendasi Menteri Kesehatan nomor HK.03.01/MENKES/768/2018 dan nomor HK.03.01/MENKES/18/2019 sebanyak 720 rumah sakit yang belum terakreditasi dapat terus memberikan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Sampai hari ini pelaksanaan pelayanan peserta JKN masih berjalan, dan sesuai dengan data kami rata-rata kunjungan tetap sebesar 700 ribu orang per hari, jadi pelayan publik tetap jalan," tandas Fahcmi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: