Limbah Freeport Bisa Digunakan Sebagai Bahan Baku Jalan

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
09 Jan 2019   20:30

Komentar
Limbah Freeport Bisa Digunakan Sebagai Bahan Baku Jalan

Tambang Freeport (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginginkan PT Freeport Indonesia (PTFI)  menyelesaikan kajian terkait ekosistem dan manajemen penanganan limbah tambang. Hal ini supaya pemanfaatan limbah bisa maksimal.

Inspektur Jenderal (Irjend), KLHK Ilyas Assad mengungkapkan, limbah penambangan atau tailing yang dilakukan oleh Freeport tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan baku untuk jalan.

"Jadi, nantinya limbah tersebut bisa dibuat sebagai material pembangunan jalan dan juga membuat batako. Hal ini merupakan sangat bagus. Oleh karena itu kita akan terus dorong, supaya inovasi ini dilakukan," katanya di Gedung KLHK, Jakarta, Rabu (9/1).

Baca Lainnya : Terkait Dugaan Limbah B3 di Sunter, DLH DKI Akui Kekurangan SDM

Dijelaskannya, pemanfaatan hasil limbah itu sangat penting karena bisa dihubungkan dengan pembangunan wilayah di Papua. Seperti menumbuhkan industri, di mana masyarakat bisa memanfaatkan.

"Setelah kajian limbah selesai, kami akan melakukan pemeriksaan dan pembahasan lebih lanjut. Agar nantinya pihak Freeport bisa sejalan dengan pemerintah," ujarnya.

Ilyas Assad berharap, pemanfaatan limbah ini dapat mengurangi beban penanganan penambangan yang dihasilkan sebanyak 160.000 ton per hari. "Namun, kami belum bisa menyebut pihak mana yang akan melakukan penyerapan tersebut," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: