3 Bulan Masa Pemulihan Tsunami, Pemkab Pandeglang Fokus Bangun Huntara

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
08 Jan 2019   16:00

Komentar
3 Bulan Masa Pemulihan Tsunami, Pemkab Pandeglang Fokus Bangun Huntara

Ratusan bangunan rata dengan tanah pasca tsunami Selat Sunda. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Usai diterang tsunami, 22 Desember 2018 silam, Pandeglang menjadi salah satu wilayah yang terdampak parah. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang telah menetapkan masa pemulihan bencana tsunami sejak 6 Januari sampai 5 April 2019 mendatang.

Selama masa pemulihan, pemkab fokus pada pembangunan rehabilitasi salah satunya fokus membangun hunian sementara (huntara) bagi para korban yang rumahnya hancur.

"Kami berharap tiga bulan ke depan kondisi warga pesisir yang terdampak tsunami bisa kembali menata kehidupan normal," demikian disampaikan Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Pandeglang, Selasa (8/1).

Baca Lainnya : Hunian Sementara Bagi Korban Tsunami di Lampung Segera Dibangun

Lebih lanjut dikatakan Irna, pembangunan huntara akan dilakukan agar para warga yang terdampak bisa meninggalkan tempat pengungsian yang kurang nyaman.

Ia mengatakan, besar kemungkinan pembangunan hunian sementara bisa terealisasi dan selesai dalam tiga bulan ke depan, sampai menunggu pembangunan hunian tetap bagi warga.

Pasalnya, pembangunan hunian tetap nanti akan direalisasikan dan mereka direlokasi dari daerah zona merah ke lokasi yang lebih aman dari ancaman bencana.

Baca Lainnya : Zeni Konstruksi TNI Emban Tugas Bangun Hunian Korban Tsunami Selat Sunda 

"Kami minta warga yang terdampak tsunami bersabar karena pemerintah daerah hadir untuk menyejahterakan masyarakat," ujarnya menjelaskan.

Menurutnya, saat ini pemerintah daerah juga merekontruksi perahu nelayan dan bangunan-bangunan yang hancur dan rusak. Selain itu, juga akan dilakukan pendataan bagi korban jiwa yang meninggal dunia untuk mendapatkan santunan kematian.

"Kami berharap masa pemulihan ini bisa direalisasikan pembangunan hunian sementara," tutupnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: