Sumbar Butuh 600 Alat Peringatan Dini Tsunami

TrubusNews
Thomas Aquinus
07 Jan 2019   22:30 WIB

Komentar
Sumbar Butuh 600 Alat Peringatan Dini Tsunami

Ilustrasi Alat pendeteksi tsunami (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sumatera Barat (Sumbar) masuk kedalam daerah yang berpotensi dilanda gempa bumi dan tsunami. Hal tersebut menjadikan Sumbar untuk meningkatkan sistem kewasapadaan dengan menyediakan alat pendeteksi bencana. Terutama bagi daerah yang berada di sepanjang pesisir pantai.

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman mengungkapkan, Sumbar termasuk daerah potensi tsunami di Indonesia. Dikatakannya saat ini, Sumbar memiliki 106 unit sirene peringatan stunami yang tersebar di daerah pesisir pantai.

Namun dari jumlah tersebut, diperkirakan hanya 60 persen yang masih berfungsi. Selebihnya dalam keadaan tidak layak pakai.

Baca Lainnya : Gempa Berkekuatan 5 Magnitudo Guncang NTT, Tak Berpotensi Tsunami

"Ya, hanya sekitar 60 persen layak pakai. Alat deteksi dini stunami ada 5 dan hanya satu yang berfungsi," ujar Erman Rahman, Senin (7/1).

Menurutnya, Sumbar idealnya mempunyai 600 sirene peringatan dini tsunami di sepanjang daerah pesisir.

"Sebagian ada juga yang dicuri. Kami telah sepakat untuk melakukan perbaikan alat deteksi tsunami melalui APBD 2019," kata Erman.

gempa dan tsunami memang tidak bisa dipastikan, namun yang terpenting adalah masyarakat harus mengetahui mitigasi bencana untuk menimalisasi jumlah korban saat bencana datang.

"Di Sumbar ada 7 daerah yang berhubungan langsung dengan laut," pungkas Erman. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Jagung Provit Alternatif Bahan Pangan Sehat

Inovasi   28 Sep 2020 - 20:52 WIB
Bagikan:          
Bagikan: