Alat Peraga Lukai Pepohonan, Bukti Kontestan Politik Tak Peduli Lingkungan

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
07 Jan 2019   16:30

Komentar
Alat Peraga Lukai Pepohonan, Bukti Kontestan Politik Tak Peduli Lingkungan

Alat Peraga Kampanye banyak ditempel di pohon-pohon dengan menggunakan paku hingga melukai pohon itu sendiri. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pepohonan dalam penataan kota tak hanya berfungsi untuk mempercantik lingkungan. Pohon sehat yang ditanam dengan rapi juga berfungsi untuk menjaga kesehatan lingkungan, kesejukan, menjaga kualitas udara dari polusi (asap kendaraan dan pabrik dan debu).

Tak hanya itu, pepohonan juga bermanfaat dalam menjaga iklim mikro agar di dalam kota atau daerah, tidak terjadi efek pulau bahang (heat island), yakni area panas yang terkonsentrasi di suatu titik di dalam kota akibat tidak adanya pengontrol iklim mikro.

Sebagaimana contoh di kawasan industri dan perkantoran, sudah menjadi keharusan untuk ditanami pohon-pohon yang berfungsi untuk menyerap dan menjerap racun serta polusi udara. Begitu pula di sepanjang jalan-jalan utama, perlu ditanami jenis-jenis pohon yang cepat tumbuhnya dan memiliki fungsi menjerap debu dan polusi asap kendaraan.

Selain itu, area-area pemukiman juga sangat perlu ditanami pohon-pohon yang memiliki arsitektur pohon yang unik dan menarik, serta memiliki fungsi untuk memperkaya dan membersihkan udara, serta pohon-pohon yang berusia lama dengan daun yang rimbun dan dapat melindungi area pemukiman tersebut dari terik matahari dan juga memperkaya oksigen.

Keanekaragaman jenis pohon pun perlu diperhatikan pada saat proses penanaman atau pengayaan pohon. Pohon yang cocok ditanam di sekitar jalan bukanlah pohon dengan buah yang keras dan besar, agar pengguna jalan tidak beresiko tertimpa buah dari pohon yang ditanam.

Pohon yang ditanam di area pemukiman baiknya pohon yang menghasilkan buah, atau bunga yang indah dan memiliki bau yang sedap. Penanaman pohon jenis-jenis tersebut dimaksudkan untuk memperkaya bahan pangan penduduk dan memberikan efek rekreasi pada penduduk.

Pohon dan kontestasi politik

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: