DLH Bekasi Ungkap 691 Bank Sampah Mati Suri

TrubusNews
Thomas Aquinus | Followers 2
07 Jan 2019   18:30

Komentar
DLH Bekasi Ungkap 691 Bank Sampah Mati Suri

Ilustrasi bank sampah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Jawa Barat, mengungkapkan sekitar 691 program bank sampah di wilayahnya tidak berjalan optimal atau mati suri. bahkan, kondisi tersebut sudah berlangsung sejak 2017 hingga sekarang.

"Pada 2017, kita mengoperasionalkan total 911 bank sampah di lingkungan Rukun Warga (RW) di 12 kecamatan Kota Bekasi, tapi hingga sekarang hanya 220 di antaranya yang masih berjalan, sisanya mati suri," ujar Kepala Dinas LH Kota Bekasi Jumhana Luthfi di Bekasi, Senin (7/1).

Luthfi menjelaskan, penyebab utama operasional bank sampah di wilayahnya mati suri dikarenakan sistem manajerial yang tidak berjalan baik. Menurutnya, mayoritas pengelola bank sampah yang mengalami kegagalan itu tidak memahami tentang alur produksi sampah menjadi barang tepat guna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca Lainnya : Meraup Pundi Dari Inovasi Kader Bank Sampah

Dikatakan Luthfi, Pemkot Bekasi saat ini sudah menyiapkan sejumlah instrumen yang berguna untuk mendaur ulang sampah menjadi barang tepat guna. Salah satunya dengan memproduksi pupuk kompos yang hasilnya akan dibeli pemerintah daerah untuk keperluan penghijauan taman.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan edukasi kepada masyarakat untuk melihat sampah sebagai barang ekonomis melalui daur ulang menjadi barang layak pakai.

"Ada beberapa bank sampah yang sudah berhasil mengolah sampah nonorganis menjadi produk kerajinan tangan yang bernilai ekonomis," ujarnya.

Lalu, untuk bank sampah yang mati suri, pihaknya masih melakukan pendampingan untuk kembali menghidupkan kegiatan tersebut.

Baca Lainnya : Menteri Desa PDTT Inginkan Dana Desa di Gianyar Fokus Bangun Bank Sampah

Luthfi menargetkan, pada 2019 pihaknya kembali menambah 100 bank sampah di Kota Bekasi. Penambahan tersebut dengan menyasar sejumlah perangkat RW yang belum terfasilitasi program tersebut.

"Hasil evaluasi bank sampah eksisting ini akan menjadi bahan kami untuk lebih mengoptimalkan 100 bank sampah baru yang akan beroperasional pada 2019," pungkasnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: