Jajaran Polda Aceh Buru Pencuri Gading Gajah Jantan di Hutan Bireun

TrubusNews
Syahroni
05 Jan 2019   07:00 WIB

Komentar
Jajaran Polda Aceh Buru Pencuri Gading Gajah Jantan di Hutan Bireun

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kematian gajah jantan yang ditemukan tanpa gading di Aceh 27 Desember silam membuat Kapolda Aceh, Irjen Rio S Djambak geram. Gajah liar itu ditemukan mati di Desa Pantee Peusangan, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireun, Provinsi Aceh.

Karena itu, ia memerintahkan jajarannya untuk mengusut tuntas kematian satwa dilindungi itu. Rio berharap, pelaku pembunuhan gajah itu segera ditangkap. Tak hanya itu, ia juga berharap sindikat pencuri gading gajah di Aceh juga diungkap. 

Baca Lainnya : Lagi, Gajah Mati Tidak Meninggalkan Gading di Aceh

"Kami minta kematian gajah danem hilangnya gading satwa dilindungi tersebut diusut karena ada unsur tindak pidananya," tegas Irjen Rio di Banda Aceh, Jumat (4/1) kemarin.

Baca Lainnya : Kawasan Konservasi Bentang Seblat Akan Dipasangi Koridor Gajah 

Rio mengatakan pengambilan gading dari gajah mati merupakan tindak pidana. Sebab, gajah adalah satwa yang dilindungi undang-undang. Menurut Kapolda, dari hasil penyelidikan awal di lapangan, gading diambil setelah gajah membusuk. Pelaku mengambilnya dengan cara menggoyang-goyangkan, lalu mencabut gading.

"Indikasi awal gading diambil dengan jalan menggoyangkan hingga copot setelah gajah membusuk. Pengambilan gading merupakan tindak pidana," ungkap Rio. [RN]   

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: