Kementan Dorong Balittri jadi Mercusuar Tanaman Industri dan Penyegar

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
04 Jan 2019   21:30

Komentar
Kementan Dorong Balittri jadi Mercusuar Tanaman Industri dan Penyegar

Kementan dorong Balittri jadi mercusuar tanaman industri dan penyegar. (Foto : Doc/ Kementan RI)

Trubus.id -- Upaya mengembangkan tanaman perkebunan terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Pertanian (Kementan). Tanaman industri dan penyegar yang juga tengah jadi sorotan. Untuk itu, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dipercaya Kementan untuk bisa mengangkat produktivitas komoditas tanaman industri dan penyegar ini.

"Saya mengapresiasi semua peneliti yang begitu berdedikasi dan tekun menghasilkan inovasi. Saya percaya Balittri bisa menjadi mercusuar bagi Kementan (Kementerian Pertanian.red)," ujar Sekretaris Jenderal Kementan, Syukur Iwantoro, Jumat (4/1).

Baca Lainnya : Langkah Nyata Kementan Berhasil Tekan Inflasi di Sektor Pertanian

Saat mengunjungi Kantor Balittri, di Sukabumi, Kamis (3/1) kemarin, Syukur melihat beragam inovasi yang dihasilkan oleh Balittri memiliki potensi untuk dimanfaatkan oleh investor. Untuk itu ia mendorong Balittri dapat bekerja sama dengan perkebunan rakyat maupun milik negara. Hasilnya diharapkan produktivitas tanaman industri dan penyegar, seperti kopi, kakao, teh, dan karet bisa meningkat signifikan. 

Baca Lainnya : Kementan Dorong Kemitraan dan Hilirisasi Nanas Subang

"Teknologi dan inovasi yang dihasilkan di sini, bisa dimanfaatkan oleh pihak luar. PTPN VIII sudah tertarik bekerja sama, kita akan berikan bibit kopi hingga pendampingan dan pelatihan," sebutnya.

Pekan depan direncanakan akan ditandatangani kesepakatan antara Kementan dan PTPN VIII. Memorandum of Understanding (MoU) tersebut meliputi pelepasan 500 ribu bibit kopi dari Balittri untuk PTPN VIII sekaligus penghijauan di DAS Citarum. Tak hanya PTPN, Syukur juga mendorong Balittri untuk terus bekerja sama dengan petani, terutama perkebunan rakyat yang ada di sekitar kebun percobaan Balittri. [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

DBD Mulai Hantui Warga Jatim

Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: