Luas Longsor Sukabumi Capai 10,6 Hektare

TrubusNews
Binsar Marulitua
04 Jan 2019   06:19 WIB

Komentar
Luas Longsor Sukabumi Capai 10,6 Hektare

Longsor Sukabumi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulagn Bencana (BNPB) mencatat luas longsor yang terjadi di Kampung Cimapag, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi , Jawa Barat Senin sore (31/12/2018) mencapai 10,6 hektare. Luasan tersebut diperkirakan setara dengan 10 kali luas lapangan sepak bola.

"Luas landaan longsor di Cisolok Kab Sukabumi 10,6 hektar. Dari mahkota longsor menuruni lereng dan menerjang permukiman di bawahnya, "ujar Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin BNPB), melalui akun twitternya @sutopo_PN.

Sutopo menambahkan rencananya warga yang rumahnya terdampak longsor akan direlokasi ke tempat aman. Dari 30 unit rumah yang tertimbun terdapat 32 KK atau 101 jiwa. Sebelumnya dilaporkan 107 jiwa yang tertimbun, namun dikoreksi menjadi 101 jiwa.

Dari 101 jiwa yang tertimbun tercatat 63 orang selamat, 3 orang luka-luka dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu, 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dalam pencarian. Dua alat berat telah disiapkan, namun baru satu alat berat yang dapat masuk ke lokasi longsor.

Empat kali longsor susulan sudah terjadi meskipun dengan jumlah longsoran yang lebih kecil. Material tanah yang gembur dan rapuh cukup membahayakan bagi tim SAR gabungan di lapangan, apalagi jika turun hujan. Daerah Cisolok merupakan zona bahaya longsor sedang dan tinggi.

Berdasarkan peta prakiraan terjadinya longsor di Kabupaten Sukabumi pada Januari 2019 dari PVMBG, terdapat 33 kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang masuk kategori longsor menengah hingga tinggi.

Peta potensi longsor menengah artinya daerah yang mempunyai potensi menengah untuk terjadi longsor. Pada zona ini dapat terjadi longsor jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sedangkan peta potensi longsor tinggi adalah daerah yang mempunyai potensi tinggi untuk terjadi longsor. Pada zona ini dapat terjadi longsor jika curah hujan di atas normal, sedangkan longsor lama dapat aktif kembali.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

BPOM Lepas Ekspor Temulawak ke Kamboja

Peristiwa   16 Des 2019 - 10:56 WIB
Bagikan:          

Kenapa Ular Kobra Muncul di Musim Penghujan?

Peristiwa   16 Des 2019 - 11:24 WIB
Bagikan:          
Bagikan: