1.800 Rumah Warga Terdampak Tsunami Selat Sunda Akan Direlokasi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
03 Jan 2019   18:30

Komentar
1.800 Rumah Warga Terdampak Tsunami Selat Sunda Akan Direlokasi

Terjangan tsunami Selat Sunda memporak porandakan hunian warga di pesisir Banten hingga Lampung Selatan. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gelombang tsunami yang melanda Pesisir Banten hingga Lampung Selatan akibat longsoran Gunung Anak Krakatau kini menyisakan ribuan bangunan rusak. Untuk itu, pemerintah berencana menyediakan hunian sementara dan tetap bagi para korban terdampak tsunami Selat Sunda.

Langkah ini dilakukan pemerintah lantaran sebanyak 1.800 rumah yang berada di wilayah pesisir pantai akan direlokasi. Setelah masa tanggap darurat selesai pada 5 Januari 2019 nanti, masa rehabilitasi akan langsung dilakukan.

Prose awalnya, survei area dilakukan dengan melihat analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) kemudian baru dilakukan pembangunan.

Baca Lainnya : Jokowi Tawarkan Opsi Relokasi ke Warga Terdampak Tsunami di Lampung Selatan

"Kami sudah koordinasi dengan gubernur akan dicarikan tempat yang bagus dan aman apabila ada gelombang pasang lagi sehingga apa yang diharapkan korban bencana ini mendapat hunian yang aman," jelas Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri, Jenderal Tito Karnavian usai doa bersama untuk korban tsunami di Caringin, Labuan Kabupaten Pandeglang, Kamis (3/1).

Prajurit TNI akan langsung dilibatkan dalam pembangunan guna mempercepat masa rehabilitasi hunian bagi korban terdampak tsunami di Banten.

Baca Lainnya : Pengungsi Tsunami Selat Sunda di Pesisir Pandeglang Akan Direlokasi

"Ketika masuk masa rehabilitas saya sudah bicara kepada ibu Bupati kami akan menyiapkan seni kontruksi yang akan membantu pembuatan hunian sementara dan tetap," ujar Hadi.

Saat ini pemerintah daerah baik Provinsi dan Kabupaten sedang menentukan titik lokasi relokasi. Lokasi relokasi yang tidak jauh dari aktivitas ekonomi mereka sebagai nelayan.

"Yang memiliki ketinggian tertentu karena mereka masih khawatir, tapi tidak jauh dari pantai," ucap Gubernur Banten, Wahidin Halim. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

DBD Mulai Hantui Warga Jatim

Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: