Gempa Tektonik 4,6 Magnitudo Guncang Ambon, Tak Berpotensi Tsunami

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
03 Jan 2019   16:35

Komentar
Gempa Tektonik 4,6 Magnitudo Guncang Ambon, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,6 magnitudo (M=4,6) yang mengguncang wilayah Ambon dan sekitarnya, Kamis (3/1) pukul 13.21 Waktu Indonesia Timur (WIT). Namun demikian, BMKG menyebut, gempa ini disebut tak berpotensi tsunami.

Kondisi ini juga dibenarkan oleh Kepala BMKG Kelas I Ambon, Sunardi. Ia mengatakan, pusat gempa terletak pada koordinat 3.68 Lintang Selatan (LS) dan 127.74 Bujur Timur (BT), tepatnya di laut 47 kilometer sebelah barat Ambon. Gempa tersebut terjadi dengan kedalamannya mencapai 10 kilometer.

"Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban," katanya, melalui keterangan resminya, Kamis (3/1).

Berdasarkan informasi warga, lanjut dia, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Ambon dengan skala III MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal. Penyebabnya adalah aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan.

Meskipun dangkal dan terjadi di laut, Sunardi menyebut, gempa ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi Ambon yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 13:37 WIT belum terjadi aktivitas gempa susulan. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD setempat.

“Masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” ucapnya menambahkan. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: