BPS : Desember 2018, Petani Semakin Sejahtera

TrubusNews
Karmin Winarta
03 Jan 2019   13:31 WIB

Komentar
BPS : Desember 2018, Petani Semakin Sejahtera

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri (Foto : Facebook/Kuntoro Boga Andri)

Trubus.id -- BPS mencatat Nilai Tukar Petani (NTP) pada Desember 2018 naik sebesar 0,04 persen menjadi 103,16 jika dibandingkan bulan sebelumnya.

"Kenaikan NTP dikarenakan Indeks Harga yang Diterima Petani (lt) naik sebesar 0,54 persen, lebih besar dari kenaikan Indeks Harga yang Dibayar Petani (lb) sebesar 0,50 persen," terang Suharyanto.

Baca Lainnya: Kementan Terus Siapkan SDM Unggul Agar Petani Sejahtera

NTP menunjukkan nilai tukar dari produk-produk pertanian terhadap barang dan jasa yang dikonsumsi rumah tangga termasuk biaya produksi. Semakin tinggi NTP, secara relatif semakin kuat pula tingkat kemampuan atau daya beli petani.

Sedangkan Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian (NTUP) nasional Desember 2018 sebesar 112,21 atau naik 0,26 persen dibandingkan NTUP bulan sebelumnya.

Baca Lainnya: Oktober Mendatang, Pemerintah Akan Luncurkan Kartu Sejahtera Petani

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Kuntoro Boga Andri menyampaikan bahwa peningkatan daya beli petani ini tidak dapat dilepaskan dari upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi dan mengendalikan harga di tingkat petani maupun konsumen.

"Upaya pemerintah dalam pengendalian harga di tingkat petani maupun tingkat konsumen ini berdampak pada peningkatan daya beli petani. Di satu sisi, petani untung krn produk yang mereka hasilkan dibeli dengan harga tinggi. Di sisi lain, mereka pun bisa membeli kebutuhan-kebutuhan pokok dengan harga terjangkau," ungkap Kuntoro Boga.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: