BNPB Prediksi Tahun 2019 Terjadi 2.500 Bencana di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
02 Jan 2019   08:37

Komentar
BNPB Prediksi Tahun 2019 Terjadi 2.500 Bencana di Indonesia

Tanah longsor, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi 2.500 kejadian bencana yang akan terjadi di tahun 2019. BNPB melaporkan jenis bencana yang akan terjadi didominasi adalah bencana hidrometerologi.

"Kita prediksikan selama tahun 2019 ada lebih dari 2.500 kejadian bencana yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Paling dominan adalah bencana hidrometerologi seperti banjir, longsor dan puting beliung," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Rabu (2/1).

Baca Lainnya: Tutup 2018, Tanah Longsor Timbun Puluhan Rumah di Sukabumi

Lebih lanjut ia menjelaskan, bencana hidrometeorologi adalah bencana alam yang terjadi sebagai dampak dari fenomena meteorologi seperti hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi.

Penyebab lainnya yakni, luasnya kerusakan daerah aliran sungai (DAS) dan lahan kritis. Selian itu, laju kerusakan hutan, kerusakan lingkungan dan perubahan penggunaan lahan.

Baca Lainnya: Bencana Longsor Ancam 13 Kabupaten di Sumatera Utara, Ini Lokasi Tepatnya

Dikatakan Sutopo, rata-rata laju perubahan lahan pertanian menjadi lahan non pertanian sebesar 110 ribu hektare terjadi per tahunnya. Sedangkan luas lahan kritis sekitar 14 juta hektare.

“Banjir dan longsor masih akan banyak terjadi di daerah-daerah yang rawan banjir dan rawan longsor sesuai dengan peta rawan banjir dan longsor. Kemudian, kebakaran hutan dan lahan masih akan terjadi tetapi dapat diatasi dengan lebih baik," ucap Sutopo menambahkan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: