Gunung Anak Krakatau Mulai Stabil, Tapi Status Masih Siaga

TrubusNews
Astri Sofyanti
31 Des 2018   10:01 WIB

Komentar
Gunung Anak Krakatau Mulai Stabil, Tapi Status Masih Siaga

Gunung Anak Krakatau (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Meski erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK) telah dinyatakan berhenti, tapi statusnya masih berada di level 3 (siaga). Berdasarkan pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih akan menunggu beberapa hari untuk menurunkan status.

"Sekarang bisa dikatakan lebih stabil, tidak seperti 'telur di ujung tanduk', tapi lebih stabil," kata Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo melalui keterangan resminya, Minggu (30/12) malam.

Baca Lainnya: Penelitian 2012 Silam Ramalkan Tsunami Dahsyat Akibat Letusan Anak Krakatau

Lebih jauh Antonius mengungkapkan, berhentinya erupsi tidak langsung bisa menurunkan status atau level, sebab kemungkinan fluktuasi dari Gunung Anak Krakatau sangat memungkinkan terjadi lagi.

"Betul (bisa turun statusnya), tapi kita tunggu beberapa hari dulu. Kan alam itu fluktuasinya pasti ada, jadi kita yakinkan beberapa hari ini dulu," ujarnya kembali.

Menurutnya jika dilihat dari segi ancaman sudah jauh berkurang. Jika dibanding sebelum dengan kejadian tsunami di Selat Sunda, kondisi saat ini sudah jauh lebih baik. Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk tidak khawatir.

Baca Lainnya: Gunung Anak Krakatau Masih Berpotensi Longsor dan Sebabkan Tsunami

"Kalau ancaman gunung sangat berkurang minimal sampai hari ini saya kira itu penting. Sekarang ya kecil gunungnya, kawahnya di bawah air. Sudah enggak membahayakan, sudah lebih baik," tandasnya.

Terlebih saat ini Badan Geologi masih terus melakukan pemantauan terhadap Gunung Anak Krakatau untuk memastikan apakah ada peningkatan maupun yang berpotensi membahayakan masyarakat.

“Badan Geologi tidak pernah berhenti memantau Gunung Anak Krakatau, kita tidak pernah terlena sedikit pun,” tutupnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: