Gunung Gamalama Waspada, Wisatawan Tidak Boleh Rayakan Tahun Baru di Puncak

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Des 2018   22:00

Komentar
Gunung Gamalama Waspada, Wisatawan Tidak Boleh Rayakan Tahun Baru di Puncak

Gunung Gamalama yang berstatus waspada atau level II. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Gamalama, Darno Lamane, meminta masyarakat dan wisatawan di Ternate, Maluku Utara, untuk tidak merayakan pergantian tahun baru 2019 di puncak gunung. Itu karena, Gunung Gamalama berstatus waspada atau level II.

"Dengan status waspada itu, masyarakat tidak boleh mendekati minimal 1,5 kilometer dari kawah gunung," kata Darno di Ternate, Minggu (30/12).

Imbauan dikeluarkan karena adanya masyarakat dan wisatawan yang ingin menyambut malam pergantian tahun di Puncak Gunung Gamalama untuk bisa menyaksikan sunrise dari gunung setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu.

Baca Lainnya : Erupsi Terus, Tinggi Gunung Anak Krakatau Tinggal 110 Meter

"Puncak Gunung Gamalama sangat berbahaya. Tidak tertutup kemungkinan, aktivitas vulkanik di gunung tersebut tiba-tiba meningkat," bebernya.

Apalagi, karakteristik aktivitas vulkanik Gunung Gamalama sangat cepat. Jika terjadi peningkatan vulkanik, bisa dipastikan dalam beberapa jam akan langsung meletus.

“Kami juga mengimbau masyarakat, terutama yang ada di bantaran kali jalur lahar dingin Gunung Gamalama untuk mewaspadai banjir lahar dingin saat hujan lebat, terutama jika hujan turun di Gunung Gamalama,” pungkasnya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: