Kemenkes Optimalkan Pelayanan Kesehatan bagi Pengungsi Tsunami Selat Sunda

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Des 2018   16:00

Komentar
Kemenkes Optimalkan Pelayanan Kesehatan bagi Pengungsi Tsunami Selat Sunda

Petugas kesehatan di Pos Kesehatan Lampung. (Foto : Dok.Kementerian Kesehatan)

Trubus.id -- Tsunami Selat Sunda menyisakan banyak korban selamat yang harus mengungsi. Hingga hari ini, masyarakat yang wilayahnya terdampak tsunami tersebut masih bertahan di posko pengungsian.

Sebagian korban yang selamat masih harus mendapatkan pelayanan kesehatan. Sebanyak 1.049 pengungsi dari Pulau Sebesi ditampung di Pos Pelayanan Kesehatan di lapangan tenis di Kalianda, Lampung. Sebanyak 30 tenaga kesehatan, terdiri dari dokter, apoteker, ahli gizi, bidan, perawat dan tenaga kesehatan lingkungan telah disiapkan.

“Semua telah terpadu, melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai tupoksi. Kabupaten atau Kotamadya Lampung Tengah, Utara dan lainnya sudah bergerak dalam memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan dan alat kesehatan,” kata Suherman, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Lampung kepada Trubus.id, Minggu (30/12).

Baca Lainnya : Ridwan Kamil Bantu Pengungsi Tsunami Selat Sunda

Hingga saat ini, para tenaga kesehatan masih membantu korban selamat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sebaik mungkin. Ada banyak pengungsi yang terserang demam dan ISPA. Maka dari itu, tim kesehatan di pengungsian selalu berkoordinasi dengan tim pusat untuk memprioritaskan ibu hamil, anak-anak dan lansia ke tempat lebih nyaman.

“Untuk obat-obatan, tenaga kesehatan dan logistik lainnya sudah cukup. Sampai sekarang, belum ada pengungsi yang mengalami penyakit kronis. Jika hal itu terjadi, tim akan mengirim pasien ke RSUD terdekat,” bebernya. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

DBD Mulai Hantui Warga Jatim

Binsar Marulitua   Peristiwa
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: