BMKG Sumut Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi, Warga Diimbau Berhati-hati

TrubusNews
Syahroni
26 Des 2018   19:30 WIB

Komentar
BMKG Sumut Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi, Warga Diimbau Berhati-hati

BMKG Wilayah 1 Medan keluarkan peringatan datangnya gelombang tinggi. (Foto : Doc/ BMKG)

Trubus.id -- Kepada masyarakat yang berada pinggiran pantai diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi, terutama untuk nelayan yang mencari ikan di laut. Imbauan ini dikeluarkan oleh Balai Besar Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan.

Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan, Enda Paramitha mengatakan, tinggi gelombang air laut tersebut dikarenakan adanya belokan angin. Hal ini menyebabkan adanya pertumbuhan-pertumbuhan angin yang mempengaruhi cuaca di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Baca Lainnya : Hari Ini Potensi Gelombang Setinggi 2 Meter Terjadi  di Lampung dan Banten

"Saat ini masih ada tekanan rendah di wilayah Laut Cina Selatan. Kondisi ini sangat mempengaruhi wilayah pesisir timur, pegunungan, dan pantai timur, sehingga menyebabkan adanya belokan angin," kata Enda, Rabu (26/12).

BBMKG memprediksi, tinggi gelombang air laut tersebut akan terjadi mulai tanggal 26 Desember sampai dengan 28 Desember 2018 untuk wilayah Selat Malaka bagian tengah dan wilayah perairan barat Aceh. 

Untuk wilayah Selat Malaka bagian tengah, dari tanggal 26 Desember hingga 27 Desember 2018, tinggi gelombang mencapai 0,6 sampai 1 meter. Kemudian dari tanggal 27 Desember hingga 28 Desember 2018 gelombang air mencapai 0,5 sampai 0,8 meter.

Baca Lainnya : Waspada Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Indonesia Hingga 28 Desember

Selanjutnya di wilayah perairan barat Aceh, tinggi gelombang pada 26 Desember hingga 27 Desember 2018 mencapai 0,5 sampai 1,25 meter. Tanggal 27 hingga 28 Desember 2018, tinggi gelombang mencapai 1 sampai 1,25 meter.

Selain di daerah pesisir pantai, BBMKG juga menghimbau kepada masyarakat yang berada di kawasan pegunungan untuk mewaspadai longsor, mengingat curah hujan yang masih tinggi terjadi saat ini.

"Sementara untuk masyarakat yang berada di bantaran sungai, diimbau untuk mewaspadai luapan air sungai akibat hujan yang terjadi di daerah pegunungan," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: