BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Meski Gempa Hanya Bermagnitudo 3,4 di Selat Sunda

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
26 Des 2018   11:30

Komentar
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Meski Gempa Hanya Bermagnitudo 3,4 di Selat Sunda

Tsunami Selat Sunda (Foto : Yandi)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan tetap akan  mengeluarkan peringatan dini tsunami untuk wilayah Pesisir Selat Sunda walaupun hanya menangkap gempa magnitudo 3,4 pada Gunung Anak Krakatau. Hal tersebut untuk menghindari potensi longsor susulan. 

"Seberapa yang dapat mengakibatkan longsor? Hal ini antara lain dapat diketahui dari tremor pergerakan getaran sistemik vulkanik pada gunung tersebut. Jadi walaupun diidentifikasi pada getaran 3,4 magnitudo, itu kami berikan peringatan dini tsunami," jelas Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (25/12) malam. 

Baca Lainnya: Indonesia Belum Punya Sistem Peringatan Dini Tsunami Akibat Longsor Bawah Laut

Dwikorita menjelaskan berdasarkan perkiraan BMKG, cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan gelombang tinggi masih akan terjadi beberapa waktu ke depan. Pada Rabu (26/12), gelombang di Pesisir Selat Sunda diperkirakan akan mencapai puncaknya di kisaran 0,75-2 meter pada siang hari. 

"Dikhawatirkan dinding kawah rapuh apalagi kalau diguyur hujan. Sementara kecepatan angin sendiri relatif menurun pada hari besok," terang dia. 

Ia juga mengimbau masyarakat, khususnya di wilayah Pesisir Selat Sunda untuk menjauhi pantai dalam radius 500 meter hingga 1 kilometer (km).

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: