Basarnas Petakan Titik Rawan Bencana di Jawa Barat di Liburan Natal dan Tahun Baru

TrubusNews
Astri Sofyanti
20 Des 2018   21:00 WIB

Komentar
Basarnas Petakan Titik Rawan Bencana di Jawa Barat di Liburan Natal dan Tahun Baru

Macet di jalur nagrek, kabupaten bandung (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Memasuki libur panjang akhir tahun terlebih menyambut Natal hingga Tahun Baru 2019, banyak masyarakat yang memutuskan untuk mudik ke kampung halaman atau sekedar liburan ke luar kota. Seperti yang terjadi di Jawa Barat, bisanya saat libur panjang akhir tahun, wilayah Jawa Barat akan dipadati oleh masyarakat yang ingin berlibur.

Karena saat ini tengah intensitas hujan tinggi serta bertepatan dengan libur panjang akhir tahun, Basarnas Bandung menyiagakan personelnya di titik rawan kecelakaan maupun bencana jelang libur Natal dan Tahun Baru 2019.

Kepala Basarnas Bandung Deden Ridwansyah‎ menyatakan, personel dan sarana prasarana sudah siap diturunkan.

Baca Lainnya : 6 Kecamatan di Sukabumi Rawan Bencana Pergerakan Tanah

“Kalau prediksi BMKG cuaca menyambut Natal dan Tahun baru ini intensitas hujan cukup tinggi, terutama di Jawa Barat. Untuk itu kami dari Basarnas tentunya mempersiapkan diri, siap siaga menghadapi cuaca seperti ini," kata Deden kepada wartawan di Bandung, Kamis (20/12).

Pihaknya menyiapkan 60 personel yang dibekali dengan peralatan kesiapsiagaan bencana maupun kecelakaan.

"Tentunya arahan dari gubernur akan kami laksanakan dengan baik, terkait dengan cuaca ekstrem di Jabar. Personel yang kita siagakan sebanyak 60 orang, kemudian satu kapal dan dua rescue ship yang akan kita gunakan untuk menghadapi libur Natal dan Tahun Baru," sambungnya.

Baca Lainnya : 62 Persen Wilayah Indonesia Memasuki Musim Hujan, Inilah Kota Paling Rawan Bencana

Untuk wilayah Jawa Barat sendiri dikatakan Deden, pihaknya sudah memetakan sejumlah wilayah yang rawan bencana atau pun kecelakaan. Adapun yang menjadi titik rawan tersebut di antaranya di Cipali KM 102 dan 164, Nagreg, Pangandaran, Cipatujah dan Santolo.

"Itu menjadi titik fokus Basarnas‎. Perhatian kami, bukan hanya akses jalan di jalan tol, tetapi tempat-tempat wisata kemudian juga di daerah Sumedang Nagreg karena longsor dan banjir, kalau misalnya intensitas hujan itu tinggi kita antisipasi," pungkasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: