Antisipasi Bencana Saat Natal dan Tahun Baru, Basarnas Pekanbaru Siagakan Personel

TrubusNews
Syahroni
20 Des 2018   06:00 WIB

Komentar
Antisipasi Bencana Saat Natal dan Tahun Baru, Basarnas Pekanbaru Siagakan Personel

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Pekanbaru menyiagakan puluhan personel di sejumlah perairan Provinsi Riau. Langkah ini diambil sebagai upaya antisipasi adanya bencana ataupun insiden menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.

Menurut Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada, personelnya sudah mulai aktif sejak Rabu (19/12). Status siaga akan dicabut lagi kalau pergantian tahun sudah lewat.

"Ada 82 personel dikerahkan ke sejumlah lokasi, terutama perairan," sebut Gede.

Baca Lainnya : Asyik Naik Damri Gratis Keliling Danau Toba Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Dia menjelaskan, personel dilengkapi dengan kapal cepat dan peralatan penyelamatan lainnya seperti pelampung, tali, helm, dan sepatu lapangan.

"Penjagaan juga dilakukan di wilayah pesisir seperti Bengkalis, Dumai hingga Rokan Hilir," sebut Gede.

Basarnas Pekanbaru turut menyiagakan personel di pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, yang merupakan pelabuhan utama penghubung ibu kota Provinsi Riau tersebut dengan kabupaten kota di pesisir. 

Baca Lainnya : Pantau Merapi, Jonan Pastikan Jogja Aman untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

"Di Bandara juga demikian. Nantinya seluruh tim kita akan bergabung dengan teman-teman dengan dibentuk Posko Terpadu," tuturnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan wilayah yang mendapat perhatian dari Basarnas adalah penyeberangan di Pulau Bengkalis. Wilayah itu setiap musim libur tiba akan mengalami peningkatan arus kendaraan yang dilayani sejumlah kapal Ro-Ro. 

"Untuk sekarang arus kendaraan di penyeberangan Bengkalis belum mengalami peningkatan secara masif, begitu juga di wilayah perairan lainnya," sebut Gede. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Raih Penghargaan Badan Publik Informatif Tahun 2019

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:47 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: