Luapan Sungai Batanghari Rendam 1.026 Rumah Warga

TrubusNews
Binsar Marulitua
19 Des 2018   19:30 WIB

Komentar
Luapan Sungai Batanghari Rendam 1.026 Rumah Warga

Ribuan rumah terendam banjir akibat luapan Sungai Batanghari, Jambi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Luapan air Sungai Batanghari membanjiri lima dari delapan kecamatan di Batanghari, Jambi. Akibat musibah ini 1.026 rumah warga tergenang air dengan ketinggian bervariasi.

"Rumah waga yang terendam banjir tersebar di lima kecamatan dari delapan kecamatan di Batanghari," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batanghari, Yahya Mulia di Muarabulian, Rabu (19/12).

Baca Lainnya : 8 KM Jalan di Jalur Lintas Timur Sumatera Wilayah Pelalawan Terendam Banjir

Di Kecamatan Maurabulian, banjir membuat 385 rumah warga tergenang. Sementara jumlah rumah yang kebanjiran di Kecamatan Maro Sebo Ulu ada 190 rumah, Muaratembesi 107 rumah, Maro Sebo Ilir 165 rumah dan Kecamatan Pemayung 180 rumah. Yahya Mulia mengatakan data tersebut berasal dari laporan kecamatan ke BPBD.

Luapan air Sungai Batanghari selain menggenangi permukiman juga membanjiri jalan, tempat ibadah, sarana pendidikan dan lahan perkebunan. Menurut data BPBD setempat, ada satu tempat ibadah di Kecamatan Muara Tembesi serta sembilan sarana pendidikan, satu fasilitas kesehatan, satu kantor, serta ratusan hektare lahan pertanian dan perkebunan warga juga kebanjiran.

Baca Lainnya : Jalur Utama Aceh ke Sumut Terputus karena Banjir Besar di Kota Subulussalam

"Kita sedang berproses untuk meningkatkan status siaga bencana banjir menjadi status tanggap banjir, jika ketinggian muka air Sungai Batanghari terus meningkat," kata Yahya.

Sebelumnya terdata, Alat Pengukur Ketianggian Air (APKA) menunjukkan tinggi muka air Sungai Batanghari selama 13 Desember-18 Desember 2018 meningkat 16 sentimeter dari 324 sentimeter menjadi 340 sentimeter. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: