Daging Buatan dari Tanaman, Solusi Atasi Krisis Pangan di Masa Depan?

TrubusNews
Ayu Setyowati
19 Des 2018   14:00 WIB

Komentar
Daging Buatan dari Tanaman, Solusi Atasi Krisis Pangan di Masa Depan?

Daging yang dibuat dengan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Giuseppe Scionti, bioengineer Italia dengan gelar PhD dalam bidang biomedis, telah mengembangkan teknologi cetak lebih lanjut dengan penemuan pengganti daging berbasis tanaman. Dengan inovasi ini di tangan, ia menciptakan Novameat, sebuah perusahaan yang berniat melakukan komersialisasi produk untuk membuatnya tersedia di semua pasar.

Dengan banyaknya pengganti daging di pasaran, Novameat berfokus pada tekstur. Di mana orang lain telah membuat nugget ayam atau alternatif hamburger patty, Scionti telah mengambil langkah lebih jauh dengan teknik jaringan dan bioprinting untuk menciptakan tekstur berserat yang terkait dengan steak dan daging lainnya.

Baca Lainnya: Capai Ketahanan Pangan, Bill Gates Bangun Perusahaan Pengganti Daging

Diberitakan Inhabitat, selain menawarkan karakteristik daging yang kenyal. Novameat mengandung kadar protein, asam amino, vitamin, dan mineral yang sama dengan daging biasa. Bahan-bahan ini diformulasikan ke dalam pasta, yang dimasukkan melalui printer untuk menciptakan produk akhir.

Novameat didirikan karena dua alasan. Pertama, Scionti prihatin tentang punahnya planet ini. Penelitian terbaru pada industri ternak mengungkap ,konsumsi air dan lahan untuk memproduksi ternak sangat besar.. 

Baca Lainnya: LIPI: Murah, Jamur Solusi Pengganti Daging Sapi

Kedua, Giuseppe percaya, pengganti daging yang dicetak 3D mampu mengatasi kelaparan di dunia. Novameat tidak memerlukan pendinginan, sehingga bisa dijadikan persediaan makanan di mana saja.

Salah satu komponen sci-fi teknologi ini adalah potensi untuk menyuntikkan makanan dengan obat-obatan yang diperlukan untuk mengobati penyakit endemik di lokasi-lokasi terpencil tersebut.

Teknologi ini tidak hanya mampu menciptakan daging yang mirip steak, tetapi juga makanan lain, seperti ayam. Selain itu, dengan printer makanan ini mampu memproduksi 200 gram daging per jam dengan biaya sangat rendah.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: