7 Penyebab Terjadinya Tanah Ambles Secara Ilmiah, Jalan Gubeng Termasuk yang Mana?

TrubusNews
Astri Sofyanti
19 Des 2018   10:00 WIB

Komentar
7 Penyebab Terjadinya Tanah Ambles Secara Ilmiah, Jalan Gubeng Termasuk yang Mana?

Polisi berjaga di sekitar jalan ambles (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Fenomena alam di mana tanah ambles yang terjadi di Jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur membuat banyak masyarakat merasa khawatir.Bagaimana tidak fenomena ilmiah yang terjadi di Surabaya itu menyisakan lubang sedalam 25 meter.

Fenomena tanah ambles bisa terjadi karena banyak faktor, berikut ini 7 faktor terjadinya tanah ambles secara ilmiah:

1. Hujan

Hujan bisa menimbulkan berbagai bencana di muka bumi salah satunya adalah fenomena tanah ambles.

Musim kemarau yang sudah berlangsung biasanya akan menyebabkan terjadinya penguapan air yang cukup banyak ke udara sehingga proses terjadinya hujan tanah tersebut jika terkena air hujan dalam intensitas yang cukup besar akan menjadikan tanah rapuh dan mudah ambles.

Biasanya tanah ambles akan mudah terjadi pada tanah yang selama musim kemarau mengalami keretakan dengan lubang yang cukup besar dan membuat air hujan sangat mudah masuk dan membuat tanah menjadi mengembang seketika.

Hal ini tentu saja bisa dicegah dengan cara menanam pohon karena akar pohon tersebut mampu menahan tanah dan air yang masuk ke dalamnya supaya tidak mudah penyebab longsor atau ambles.

Untuk itu masyarakat harus memiliki kesadaran untuk menanam pohon dan tidak menebang pohon sembarangan karena bisa menyebabkan berbagai bencana.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: