Petani Cilik, Mengenal Pertanian Sejak Dini Saat Liburan Sekolah

TrubusNews
Karmin Winarta
16 Des 2018   12:32 WIB

Komentar
Petani Cilik, Mengenal Pertanian Sejak Dini Saat Liburan Sekolah

Anak-anak antusia mengikuti program Petani Cilik Hidroponik (Foto : Karmin Winarta/ Trubus.id)

Trubus.id -- Anak-anak kota besar, biasanya memanfaatkan liburan dengan bermain ke mal atau tempat-tempat wisata biasa. Namun apa yang dilakukan oleh Kaldera, komunitas yang fokus pada isu-isu budaya dan lingkungan ini mempunyai program yang menarik.

Pada liburan sekolah kali ini, anak-anak, Kaldera  menyelenggarakan program Petani Cilik Hidroponik. Berlokasi di Jalan Setu Jatijajar, Depok, Jawa Barat, puluhan anak-anak dari TK sampai SD ini mengikuti pelatihan untuk mengenal dunia pertanian sejak dini.

Baca Lainnya: Mengintip Pelatihan Hidroponik Garuda Hijau dengan Toko Trubus

Minggu (16/12) anak-anak sangat antusias mengikuti workshop. Anak-anak ini diajari untuk mengenal tanaman dan sayuran dengan mengelompokkan dalam tiga grup, yakni selada hijau, mint, selada merah, sawi dakota dan bayam.

Selain mengenal tanaman dan sayuran, anak-anak ini juga belajar dunia baru, bahwa menanam bisa tidak memakai medium tanah. Anak-anak langsung praktek menanam secara hidroponik. Mereka dkenalkan dengan materi yang dipakai untuk bertanam secara efisien ini. Mulai dari netpot atau wadah untuk bertanam, rock wall untuk menyemai benih, benih kacang ijo dan bayam serta nutrisi sebagai sumber makanan tanaman.

 

Eri Trinuraini Adi, penyelenggara Petani CIlik Hidroponik, progam ini agar anak-anak lebih mengenal dunia pertanian sejak kecil. Mereka pasti telah diperkenalkan makan sayur, tapi tidak mengerti bagaimana sayur itu tumbuh.

"Selain itu ingin memberikan proyek bersama dalam keluarga. Saya harapkan pulang dari acara ini, orangtua dan anak mempunyai proyek bersama menanam kangkung atau tanaman lain di rumah, sehingga komunikasi dalam keluarga akan lebih edukatif dan berkualitas", tambahnya.

Ini adalah proyek pertamanya, namun animo masyarakat cukup besar. Saat ini dirinya telah mendapatkan respon dari beberapa sekolah untuk mengadakan program pelatihan serupa. 

( Eri Trinuraini Adi, penyelenggara acara dari Kaldera)

Bimo, ayah muda dari Bogor ini merespon, acara Petani Cikik ini sangat bermanfaat untuk anak perempuannya dalam mengisi liburan. Selain mengenalkan tanaman buat buah hatinya, anaknya bisa berkumpul dengan teman-teman  seusianya. Menurutnya acara ini sangat mendidik.

Acara ini didukung oleh Komunitas Hidroponik Bogor dan Toko Trubus.

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: