Luncurkan Geoportal, Jokowi Tak Ingin Kementerian Punya Peta Saling Berlainan

TrubusNews
Binsar Marulitua
12 Des 2018   09:45 WIB

Komentar
Luncurkan Geoportal, Jokowi Tak Ingin Kementerian Punya Peta Saling Berlainan

Presiden Jojowi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta. Nantinya peta ini diharapkan dapat mempersingkat izin lokasi sekaligus memutus tumpang tindih permasalahan birokrasi. 

"Ke depan juga urusan perizinan dengan adanya peta digital ini tidak perlu lagi izin lokasi, untuk apa? Izin lokasi, izin lokasi, sudah, nanti ketahuan semuanya kok. Ngapain pake izin, izin lokasi, untuk apa? Meruwetkan masalah saja, nambahi masalah saja," ujarnya dalam acara peluncuran geoportal kebijakan satu peta di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (11/12).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menjelaskan manfaat dari izin lokasi. Izin lokasi adalah izin yang diberikan kepada perusahaan untuk memperoleh tanah yang diperlukan perusahaan tersebut untuk menjalankan kegiatan usahanya dalam rangka kegiatan penanaman modal.

Di era big data, lanjut Jokowi, pemerintah malu jika belum memiliki kebijakan satu peta ini. Dia menerangkan pemerintah menginginkan adanya satu standar dan satu referensi, bukan setiap kementerian memiliki peta sendiri-sendiri seperti yang sekarang terjadi.

Dengan kebijakan satu peta yang dibuat oleh pemerintah ini, Presiden ingin adanya satu referensi, basis data dan geoportal. Kepala Negara ingin tidak ada tumpang tindih serta adanya kepastian, kejelasan, dan konsistensi dalam membangun negara.

Baca Lainnya: Jokowi Atasi Tumpang Tindih Pemanfaatan Lahan dengan Geoportal Kebijakan Satu Peta

"Perlu saya tegaskan pekerjaan ini baru dimulai. Oleh sebab itu, pada kementerian dan lembaga saya minta diperhatikan dan dilaksanakan beberapa hal yang penting untuk ditindaklanjuti," tegas Jokowi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: