Ngeri, 187 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Cuaca Ekstrem

TrubusNews
Astri Sofyanti
11 Des 2018   17:00 WIB

Komentar
Ngeri, 187 Pohon Tumbang di Jakarta Akibat Cuaca Ekstrem

Pohon tumbang di Jakarta (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dinas Kehutanan DKI mencatat sebanyak 187 pohon tumbang di DKI Jakarta sejak akhir November 2018 sampai Selasa (11/12).

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsitawati. Ia mengungkapkan, tak hanya pohon tumbang yang terjadi. Sebanyak 191 pohon di Jakarta patah akibat hujan deras yang memicu angin kencang.

"Angin kencang jadi salah satu pemicu pohon tua patah atau tumbang,” kata Suzi di Jakarta, Selasa (11/12).

Untuk mengatakasinya, Dinas Kehutanan DKI Jakarta akan melakukan pemangkasan ranting pohon-pohon yang ada di DKI Jakarta.

Baca Lainnya: Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Bangunan Sekolah

“Karena musim hujan, pemangkasan pohon rutin dilakukan di seluruh wilayah DKI Jakarta,” ujarnya.

Dinas Kehutanan DKI Jakarta tercatat sudah memangkas 7.480 pohon, Sudin Jakarta Utara sebanyak 6.253 pohon, Sudin Jakarta Pusat 5.724 pohon, Sudin Jakarta Barat sebanyak 5.187 pohon, Sudin Jakarta Selatan sebanyak 21.172 pohon, serta Sudin Jakarta Timur sebanyak 11.413 pohon.

"Jumlah pengerjaan pemangkasan seluruhnya sudah mencapai 57.229 pohon," papar Suzi.

Baca Lainnya: Pohon Bertumbangan di Jakarta Akibat Hujan Lebat

Dikatakan Suzi, pemangkasan pohon tersebut tidak dilakukan berdasarkan usia pohon, tetapi berdasarkan tinggi pohon. Menurutnya, Dinas Kehutanan rutin melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang tingginya mencapai 20 meter.

Selain itu, pihaknya menjelaskan, masyarakat yang terkena dampak pohon tumbang bisa meminta ganti rugi dengan mengirimkan surat permohonan dengan melampirkan lokasi kejadian, foto, surat keterangan polisi, KTP dan KK ke Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: