Petugas Gabungan Tangkap Perambah Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

TrubusNews
Kur Syu | Followers 2
07 Des 2018   18:00

Komentar
Petugas Gabungan Tangkap Perambah Cagar Biosfer Giam Siak Kecil

Alat berat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (CBGSK) (Foto : Trubus.id)

Trubus.id -- Tim gabungan dari TNI, Polri dan Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) Wilayah II Sumatera menangkap tiga alat berat di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil (CBGSK), Kabupaten Bengkalis. Turut ditangkap empat pria diduga perambah kawasan yang diakui UNESCO sebagai paru-paru dunia itu.

Menurut Kepala Balai Gakkum KHLK Wilayah II Sumatera, Eduwar Hutapea, satu di antara pelaku merupakan pecatan TNI bernama Sudigdo alias Digdo. Nama ini bukan orang baru dalam perambahan hutan di kawasan itu.

"Dulunya dipecat karena terlibat pembakaran hutan di sana," kata pria dipanggil Edo ini, Jum'at (7/12/2018) siang.

Baca Lainnya : UNESCO Desak Pembentukan Kelembagaan Cagar Biosfer Gunung Leuser

Edo menyebutkan, tiga alat berat dan empat terduga pelaku sudah dibawa ke kantor Gakkum LHK di Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru. Hingga saat ini pemeriksaan intensif masih dilakukan oleh penyidik.

Edo menerangkan, pengungkapan tersebut merupakan hasil koordinasi antara Gakkum KLHK bersama TNI dan Polri di kawasan Giam Siak Kecil Bukit Batu, terkait perambahan di kawasan itu. Petugas lalu bergerak pada Kamis (6/12).

Baca Lainnya : Indonesia Harapkan Tambah Tiga Cagar Biosfer Baru ke Unesco

"Tim lalu masuk ke kawasan dan ditangkap alat berat dan empat orang tadi. Alat berat diangkut ke Pekanbaru membawa truk besar," sebut Edo.

Edo menyatakan, alat berat digunakan untuk pembersihan lahan guna persiapan pembukaan kebun sawit. Hal itu diperkuat dengan adanya ratusan bibit sawit di lokasi. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: