Sungai di Kabupaten Manggarai Timur Meluap, Ratusan Rumah Warga Terdampak

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Des 2018   19:00

Komentar
Sungai di Kabupaten Manggarai Timur Meluap, Ratusan Rumah Warga Terdampak

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sungai Waereca yang berada di Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) meluap, Jumat (7/12). Kondisi ini mengakibatkan ratusan rumah warga di dua kelurahan dan satu desa terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Timur, Flores, NTT, Antonius Dergong mengungkapkan, curah hujan di Kabupaten Manggarai Timur beberapa hari terakhir yang tinggi mengaibatkan meluapnya Sungai Waereca.

Dikatakan Antonius, dua kelurahan dan satu desa terkena dampaknya. Yakni Kelurahan Waereca dan Kota Ndora serta Desa Nanga Labang di Kecamatan Borong.

Baca Lainnya : Sungai Kalidawa dan Cibereum Meluap, Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Air

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, sungai Waereca yang sangat sempit tidak mampu menampung besarnya debit air yang datang dari kawasan pegunungan sehingga meluap. Luapan air sungai selain merendam rumah warga juga merendam areal persawahan di tiga wilayah tersebut. 

"Saya sudah mengunjungi lokasi ratusan rumah warga terendam banjir. Staf saya sedang mendata rumah warga yang terendam banjir," ucapnya di Kabupaten Manggarai Timur, NTT, Jumat (7/12).

Baca Lainnya : 61 Persen Sungai di Jakarta Tercemar, Gubernur DKI Instruksikan Mitigasi

Sebagaimana diketahui, daerah aliran sungai merupakan kawasan rawan bencana banjir. Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Camat Borong dan instansi terkait untuk merelokasi warga yang berada di sekitar daerah aliran Sungai Waereca.

“Kami sudah melapor ke BPBD Propinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang dan BPBD Nasional. Staf BPBD Manggarai Timur saat ini tengah mendata kerugian rumah yang terkena dampak meluapnya Sungai Waereca," pungkasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: