Stok di Pasar Minggu Kosong, Jakarta Krisis Telur Ayam?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
06 Des 2018   19:30

Komentar
Stok di Pasar Minggu Kosong, Jakarta Krisis Telur Ayam?

Telur di pasar (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pedagang telur di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengeluhkan stok telur ayam kosong. Sebagaimana diketahui, beberapa hari terakhir ini harga telur kembali melonjak akibat minimnya pasokan, tapi permintaan tinggi.

Rian, salah seorang pedagang telur mengungkapkan, saat ini ia hanya menjual telur yang memang sudah distok sebelumnya, karena stok telur di agen langganannya pun kosong.

“Kata agennya, peternak yang di Jawa Timur lagi kosong juga, makanya jadi mahal," kata Rian kepada wartawan di Pasar Minggu, Jakarta Timur, Kamis (6/12).

Menurutnya, para peternak yang tak memiliki stok telur ini dipicu harga pakan ayam yang kian melambung. Harga jagung sebagai bahan baku pakan ternak terus mengalami kenaikan.

Baca Lainnya: Di Jakarta Harga Telur Ayam Juga Melambung Tinggi

Selain kondisi tersebut, penyumbang kenaikan harga ayam, yakni inflasi menjelang tahun baru.

Pihaknya mengatakan, kenaikan harga telur sudah terjadi selama satu minggu terakhir. Dikatakan Rian, harga telur naik secara bertahap setiap hari selama seminggu.

Harga telur sekarang ini Rp26.000 per kilogram (kg). Harga tersebut sudah naik dari sebelumnya Rp19.500-Rp20.000 per kg.

Lebih jauh ia mengatakan, banyak konsumen yang mengeluhkan kenaikan harga.

“Nggak hanya konsumen yang mengeluh karena harga naik, kita pedagang juga bingung mau jualan apa kalau stok telurnya nggak ada,” ujarnya.

Saat ini, harga jagung mencapai Rp6.000 per kilogram atau naik sebanyak Rp2.000 dibandingkan beberapa bulan lalu.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) menaikkan harga acuan daging dan telur ayam di tingkat peternak dan konsumen. Kenaikan harga diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018.

Regulasi baru per Oktober 2018 itu menetapkan harga acuan pembelian daging dan telur ayam ras di tingkat peternak antara Rp18.000Rp20.000 per kilogram. Kemudian, harga acuan penjualan di tingkat konsumen untuk telur sebesar Rp23.000 per kilogram.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: