Suparji Masuk MURI Berkat Tandan Sawit

TrubusNews
Karmin Winarta
06 Des 2018   10:15 WIB

Komentar
Suparji Masuk MURI Berkat Tandan Sawit

Sawit, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Banyak yang mengatakan, usaha tak pernah mengkhianati hasil. Tampaknya kata-kata tersebut diyakini betul oleh salah seorang petani sawit di Tegal Mulyo Sumatra Selatan.

Petani sawit yang bernama Suparji baru-baru ini mendapatkan penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) karena Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang dipanennya mencapai berat 95 kilogram.

Suparji saat ini juga menjabat Ketua Koperasi Barokah Jaya. Koperasi Barokah Jaya memperoleh sertifikasi sesuai prinsip dan kriteria RSPO (Round Table for Sustainable Palm Oil) di akhir 2010. 

Baca Lainnya: Harga TBS Kelapa Sawit di Bengkulu Mulai Merangkak Naik

Berkat kerja kerasnya ini ia berhasil menjadikan sawitnya berbuah lebih berat. Padahal rata-rata Tandan Buah Segar sawitnya berkisar berkisar 25-35 kilogram.

Ia mengakui keberhasilan ini ia peroleh berkat praktik pertanian yang berkelanjutan. 

"Kami peduli terhadap tanah sekaligus menjaga produktivitasnya secara jangka panjang, memastikan kelestariannya demi generasi setelah kami, "katanya seperti yang tertulis dalam rilisnya.

Baca Lainnya: Petani Mengeluh, Harga Jual Tandan Buah Segar Sawit Sedang Turun

Biasanya, saat perkebunan sawit telah mendekati akhir siklus hidupnya, hasil panen pun akan menurun. Namun dengan praktik pertanian yang berkelanjutan, produktivitas dan kualitas TBS pun tetap terjaga dengan penanganan yang ramah lingkungan. 
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: