Sepasang Harimau Benggala di Kebun Binatang Semarang Lepas dari Kandang

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
05 Des 2018   22:00

Komentar
Sepasang Harimau Benggala di Kebun Binatang Semarang Lepas dari Kandang

Petugas berhasil menangkap kembali salah satu harimau yang lepas di Kebun Binatang Mangkang, Semarang, Senin (5/12) pagi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Senin (5/12) pagi, tiba-tiba kebun binatang Taman Marga Satwa Mangkang, Kota Semarang sepi pengunjung. Di dalam area kebun binatang itu juga tak banyak dijumpai petugas seperti biasanya.

Belakangan diketahui, sterilisasi pengunjung dilakukan karena adanya sepasang harimau yang lepas dari kandangnya. Kedua harimau Benggala itu dilaporkan berkeliaran bebas di dalam area kebun binatang sebelum akhirnya petugas menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah untuk menangani masalah ini.

Kepala BKSDA Jawa Tengah, Suharman membenarkan peristiwa lepasnya dua harimau di kebun binatang Mangkang itu. Ia menjelaskan bahwa petugasnya mendapatkan laporan dari pegelola Semarang Zoo pada pukul 8 pagi.

Baca Lainnya : Dua Bayi Harimau Benggala, Terlahir di Kebun Binatang Medan

"Pihak Kebun Binatang mengabarkan informasi itu, dengan maksud meminta bantuan untuk penanganan lepasnya satwa, serta bantuan penggunaan senapan bius milik BKSDA Jateng," kata Suharman, Rabu (5/12).

Belum diketahui pasti penyebab lepasnya dua harimau jantan dan betina Semarang Zoo itu. Namun, setelah terlepas, dua hewan buas itu sempat bekeliaran di area kebun binatang. Namun BKSDA Jawa Tengah langsung mengirim dua petugasnya dengan peralatan lengkap bius.

Sampai di lokasi, kawasan Kebun Binatang sudah ditutup total dan steril dari pengunjung. Tim BKSDA bersama personil Polsek Tugu, serta petugas Kebun Binatang lalu berusaha menangkap dua hewan buas yang terlepas itu.

Baca Lainnya : Bunuh Penjaga Kebun Binatang, Harimau Putih Ini Lolos dari Hukuman Mati

Beberapa saat kemudian, tim BKSDA menerima kabar bahwa si harimau jantan kembali masuk kandang, tetapi yang betina masih berkeliaran. Setelah menelusuri setiap sudut kompleks Kebun Binatang, tim menemukan si harimau betina masih berada di dalam gorong-gorong jembatan di sana.

Upaya penangkapan dilakukan dengan menutup lubang gorong-gorong dengan pintu besi. Namun, percobaan itu gagal. Si harimau betina mendobrak keluar dan kembali berkeliaran di kompleks Kebun Binatang. Tetapi, harimau betina itu kembali masuk gorong-gorong hingga akhirnya berhasil ditembak bius.

"Setelah obat bius bekerja dan satwa tertidur, selanjutnya ditandu dan dikembalikan ke kandangnya," ujarnya. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: