Sungai Kalidawa dan Cibereum Meluap, Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Air

TrubusNews
Syahroni
05 Des 2018   21:00 WIB

Komentar
Sungai Kalidawa dan Cibereum Meluap, Ribuan Rumah di Cilacap Terendam Air

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Sejak 2 hari terakhir, hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah di Kabupaten Cilacap. Dampaknya, sejak Rabu (5/12) dinihari, ribuan rumah di 4 kecamatan di wilayah tersebut terendam banjir. Empat Kecamatan yang terdampak itu adalah kecamatan Sidareja, Kedungreja, Gandrungmangu dan Bantarsari.

Salah satu yang terparah terjadi di Kecamatan Sidareja. Di Kecamatan ini, ada tujuh desa yang terendam banjir. Tujuh desa tersebut yakni, Desa Sidareja, Gunungreja, Tegalsari, Sidamulya, Tinggarjaya, dan Margasari dan Sudagaran.

Baca Lainnya : Kabupaten Kuansing Terendam Banjir, Siswa di 3 Sekolah Batal Ujian

Sukarjo, warga Desa Tegalsari mengatakan, air mulai naik ke halaman rumahnya sejak Selasa (4/12) malam. Kemudian, sekitar pukul 02.00 WIB, air baru mulai masuk ke dalam rumah. Saat ini, kata dia, rendaman air di dalam rumah berkisar 30-50 centimeter, adapun di halaman atau pekarangan rumah, banjir mencapai ketinggian antara 1 – 1,4 meter.

“Dari tadi malam. Sekitar jam 02.00 WIB, sudah masuk rumah. Ya, kalau di dalam rumah segini (selutut-red) kalau di halaman rumah sekitar sepinggang,” katanya, Rabu (5/12).

Menurutnya banjir disebabkan oleh meluapnya sungai Kalidawa dan Cibeureum yang semakin dangkal. Akibat banijir, sebagian warga terpaksa mengungsi. Akan tetapi, lainnya, seperti keluarganya masih bertahan di rumah.

Baca Lainnya : Bencana Banjir dan Longsor Ancam Bantul, 20 Posko Siaga 24 jam  

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPBD Sidareja, Agus Sudaryanto mengatakan, secara keseluruhan jumlah desa yang terendam mencapai sembilan desa di empat kecamatan. Di luar desa-desa di Kecamatan Sidareja, terdata ada Desa Bangunreja Kecamatan Kedungreja, Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, serta Desa Binangun Baru Kecamatan Bantarsari.

“Sementara datanya ada sebanyak 3.417 rumah yang terendam,” kata Agus.

Pihaknya sudah mulai mempersiapkan pengungsian di sejumlah titik. Di antaranya, rumah dinas Sekcam, Pendopo Kecamatan Sidareja dan Koramil Sidareja. Sementara ini, pengungsi yang sudah terdata sebanyak 83 jiwa. Akan tetapi, kemungkinan pengungsi bertambah banyak seiring genangan yang semakin tinggi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Paparan Radiasi Nuklir di Laut Cina Selatan Tidak Terbukti

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:11 WIB
Bagikan: