Pasokan Aman, Lonjakan Harga Pangan di Akhir Tahun Bisa Dihindari?

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
05 Des 2018   17:00

Komentar
Pasokan Aman, Lonjakan Harga Pangan di Akhir Tahun Bisa Dihindari?

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Ketahanan Pangan, Kementerian pertanian (Kementan) mengungkapkan, jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, ketersediaan pangan pokok dalam kondisi aman.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, secara akumulatif bahan pangan pokok dan strategis selama November-Desember 2018 mengalami surplus.

“Yang diinginkan kan menjelang akhir tahun pasokan pangan aman,” ucap Agung di Kementerian pertanian, Rabu (5/12).

Baca Lainnya : Hingga Akhir Tahun Harga Beras Diprediksi Masih Akan Naik

Lebih lanjut ia menyebut bahwa prognosa produksi dan ketersediaan pangan hingga akhir tahun seperti beras sebanyak 3,83 juta ton, minyak goreng sebanyak 24,50 juta ton, gula pasir sebanyak 344.000 ton, bawang merah 136.000 ton, daging ayam 335.000 ton dan telur ayam ras 806.000 ton.

Guna memastikan stok pangan terpenuhi sampai ke daerah-daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sampai akhir tahun, dalam waktu dekat ini Agung berencana menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) guna memastikan distribusi dan stok pangan ke daerah-daerah tak terganggu.

Baca Lainnya : Harga Beras Mulai Melonjak, Ada Potensi Kekurangan Beras di Akhir Tahun

“Jadi minggu depan kita akan menggelar Rakor bersama Satgas Pangan daerah, Dinas Perdagangan dan Bulog,” ujarnya.

Pihaknya menyebutkan, setelah dilakukannya Rakor, daerah-daerah yang harga pangannya mulai naik akan menggelar operasi pasar untuk menjaga stabilisasi harga.

“Jadi jika ketahuan ada daerah harga pangannya naik, kita langsung gelar operasi pasar sampai harganya stabil,” pungkas Agung. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: