61 Persen Sungai di Jakarta Tercemar, Gubernur DKI Instruksikan Mitigasi

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Des 2018   16:05 WIB

Komentar
61 Persen Sungai di Jakarta Tercemar, Gubernur DKI Instruksikan Mitigasi

Ilustrasi, sungai tercemar limbah rumah tangga. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam laporan per Agustus 2018 yang diterima oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan disebutkan, kondisi sungai-sungai yang melintasi wilayah ibu kota saat ini 61 persennya sudah tercemar. Anies mengatakan, lonjakan pencemaran sungai di Jakarta terjadi dua kali lipat dalam kurun waktu tiga tahun belakangan. 

Untuk itu, pihaknya telah memberi isntruksi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta untuk melakukan sejumlah langkah mitigasi. Anies meminta DLH untuk mencegah pencemaran sungai-sungai di Jakarta yang kian masif.

Baca Lainnya : Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok untuk Jernihkan Air Kali

“Kami sudah menginstruksikan DLH untuk melakukan mitigasi denan cara mencegah percepatan polusi itu terjadi," demikian disampaikan Anies di Hotel Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12).

Baca Lainnya : Setiap Hari, 400 Ton Sampah Penuhi Sungai-sungai di DKI

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menugaskan DLH untuk mencari penyebab sungai dan kali di Jakarta menjadi sangat tercemar. Terkait itu, Anies belum mau berkomentar langkah mitigasi yang akan dilakukan lebih jauh.

"Kita cari sumbernya, kemudian yang kedua kita bicara menurunkan tapi kecepatannya begitu tinggi. Jadi harus langkah-langkah pencegahan untuk kecepatan meningkat seperti kemarin," ungkapnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Paparan Radiasi Nuklir di Laut Cina Selatan Tidak Terbukti

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:11 WIB
Bagikan: