Ternyata Inilah Pemicu Menyusutnya Lahan Pertanian di Indonesia

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
05 Des 2018   13:25

Komentar
Ternyata Inilah Pemicu Menyusutnya Lahan Pertanian di Indonesia

Lahan Pertanian (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) melaporkan, lahan pertanian di tanahair kian menyusut. Bahkan Kementerian ATR mencatat tahun 2019 luas sawah di Indonesia diprediksi akan berkurang sampai 1,4 juta hektare.

“Kedepan diprediksi lahan pertanian akan berkurang sampai 20 persen,” kata Kepala Sub Bidang Pemantauan dan Evaluasi Tanah Pertanian Kementerian ATR/BPN, Vevin S Ardiwijaya, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (5/12).

Menurutnya, hasil verifikasi langsung di lapangan dinemukan banyak lahan sawah yang ternyata sudah memiliki izin alih fungsi.

“Alih fungsi lahan pertanian salah satunya berubah menjadi mall dan bangunan permanen,” sambungnya.

Lebih jauh Vevin menjelaskan, idealnya ada pengecekan yang dilakukan setiap tahun, mengingat alih fungsi lahan pertanian masif dilakukan.

Untuk itu, ke depannya Kementerian ATR/BPN akan fokus menggarap rancangan peraturan presiden guna mempersulit alih fungsi lahan terutama untuk lahan pertanian. Menurutnya, hal ini dilakukan agar produksi pangan nasional efektif dalam berproduksi.

Alasan lainnya, karena untuk mencetak sawah baru membutuhkan waktu yang sangat lama sampai akhirnya bisa ditanami. Di mana lahan sawah baru tersebut diperkirakan baru bisa berfungsi dalam jangka waktu 5 hingga 10 tahun mendatang.

"Jadi, tidak bisa buka sawah terus langsung bisa produksi 2-3 kali setahun. Waktunya lama itu untuk lahan baru bisa sampai 5 -10 tahun," pungkasnya.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: