Jika Kesejahteraan Petani Tidak Meningkat, Lahan Pertanian Akan Berubah Fungsi

TrubusNews
Diah Fauziah | Followers 0
04 Des 2018   18:42

Komentar
Jika Kesejahteraan Petani Tidak Meningkat, Lahan Pertanian Akan Berubah Fungsi

Lahan pertanian. (Foto : Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id -- Hilman Tisnawan, Pjs Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara, mengatakan jika konsumsi beras organik di Medan mengalami kenaikan.

"Tapi, Bank Indonesia tidak memiliki catatan resmi tentang peningkatan konsumsi beras organik di Medan. Yang jelas, permintaan dari Deliserdang, Sergai dan Langkat meningkat," kata Hilman di Medan, Senin (3/12).

Sementara itu, Wali Kota Binjai, Idaham, mengatakan jika kota yang mandiri dibutuhkan untuk menyediakan makanan pokok seperti padi untuk rakyatnya. Itulah kenapa, Binjai menanam padi organik pada Agustus lalu dan sukses melakukan panen perdana demplot budi daya padi total organik formula MA-11.

Baca Lainnya : Awal Tahun 2019, Harga Serapan Gabah dan Beras Petani Akan Direvisi?

“Kecamatan Binjai Selatan merupakan daerah pertanian di Binjai karena irigasi teknis di sini sangat lebar. Maka dari itu, harus dipertahankan dengan cara meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” terang Idaham.

Apabila kesejahteraan petani tidak meningkat, ia yakin jika lahan pertanian akan berubah fungsi. Maka dari itu, Idaham berterima kasih kepada Bank Indonesia (BI) yang telah membawa teknologi, pengetahuan dan bibit padi unggul bagi petani di Binjai.

"Pemerintah kota akan memikirkan cara untuk meningkatkan kesejahteraan petani jika difasilitasi beragam teknologi canggih dan pengetahuan. Harga gabah dengan beras itu berbeda jauh. Kalau petani ini mendapat pendampingan dari BI, dari menanam hingga menjual beras, bisa dipastikan pendapatan mereka akan akan meningkat," aku Idaham. [DF]

  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: