Pemerintah Polandia Jajaki Kerja Sama di Sektor Agrikultura dengan NTT

TrubusNews
Binsar Marulitua
04 Des 2018   19:00 WIB

Komentar
Pemerintah Polandia Jajaki Kerja Sama di Sektor Agrikultura dengan NTT

Dubes Polandia (kedua dari kiri) bersama Karo Kerja sama Setda NTT, Dr. Lery Rupidara, Plt. Kadis Nakertrans NTT, Sisilia Sona dan Emmy Sumira Sungkar usai bertemu Gubernur NTT, Senin (3/12). (Foto : Pos Kupang)

Trubus.id -- Pemerintah Polandia menawarkan kerja sama di sektor pertanian, kelautan dan perikanan kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang. 

"Kedatangan kami ke sini untuk menjalin kerja sama di sektor agrikultura, kelautan dan perikanan," kataDuta Besar Polandia untuk Indonesia, Beata Stoczynska kepada para wartawan di Kupang, Senin (3/12).

Baca Lainnya : LIPI Gandeng Jepang, Teliti Sorgum untuk Biomassa

Di sektor agrikultura, kata dia, pihaknya akan fokus pada hasil pertanian seperti buah-buahan serta sayur-sayuran, seperti di beberapa daerah di Pulau Flores yang memiliki potensi cukup besar. Demikian juga di sektor perikanan. Menurut dia, Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang kaya akan produksi kelautan dan perikanan.

"Oleh karena itu kami akan fokus pada dua sektor ini dan berharap ada respon baik dari pemerintah provinsi NTT ini," ujar dia.

Selain di kedua sektor tersebut, Beata juga menambahkan, ada satu sektor lagi yang ditawarkan kepada pemerintah Provinsi NTT saat pihaknya bertemu gubernur NTT.

"Sektor pendidikan juga menjadi fokus kami. Polandia adalah negara yang mempunyai sistem pendidikan yang bagus, selain itu universitasnya juga bagus sehingga nantinya ini bisa diterapkan kepada generasi muda dari NTT," ujar dia.

Baca Lainnya : Perbaiki Pengelolaan Waduk, Indonesia Gandeng Jepang

Ia mengatakan, dengan kerja sama itu para pemuda dari NTT, baik yang bekerja di sektor agrikultura dan sektor kemaritiman atau kelautan dan perikanan bisa belajar di Polandia.

"Kami akan ajarkan bahasa inggris, kemudian juga pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan kedua sektor utama itu," tambah dia.

Sementara itu, terkait respon gubernur soal tawaran kerja sama itu, Beata mengaku bahwa respon Gubernur NTT cukup positif dengan hal tersebut. Oleh karena itu Gubernur Viktor, kata dia, berjanji akan mengunjungi Polandia pada tahun 2019 nanti untuk membicarakan kelanjutan soal kerja sama tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: