Antisipasi Letusan Merapi, BPBD Jateng Pasang 149 Alat Peringatan Dini  

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Des 2018   17:30 WIB

Komentar
Antisipasi Letusan Merapi, BPBD Jateng Pasang 149 Alat Peringatan Dini  

Gunung Merapi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengindikasikan adanya perubahan siklus Gunung Merapi, Magelang, Jawa Tengah. Kondisi ini membuat BPBD memasang alat early warning system (EWS) di sekeliling Gunung Merapi.

Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Pramana mengungkapkan, sebanyak 149 EWS dipasang untuk mendeteksi potensi letusan Gunung Merapi.

“Pemasangan EWS ini dilakukan untuk mempermudah petugas melihat aktivitas kegempaan dan letusan Gunung Merapi,” terangnya di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (4/12).

Lebih jauh pihaknya menambahkan, langkah ini dilakukan karena pada akhir tahun nanti diprediksi embusan angin dari puncak Gunung Merapi mengarah ke Sleman dan Yogyakarta.

Untuk itu, BPBD juga telah meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama saat terjadi peningkatan aktivitas kegempaan di Gunung Merapi.

"Kalau laharnya masuk ke sungai-sungai tidak masalah. Yang kita khawatirkan itu kalau laharnya muncul bersama awan panas,” ujarnya lagi.

Meski begitu, sampai saat ini status Gunung Merapi masih dalam kondisi normal (level 1).

“Jika sewaktu-waktu status Merapi meningkat menjadi waspada, warga yang tinggal di radius tiga kilometer akan kami evakuasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Sarwa, ketika terjadi letusan, warga yang tinggal di radius lima kilometer sering panik dan tidak siap menghadapi proses evakuasi secara mendadak.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: