Unduh Aplikasi Buku Saku Soal Penyakit Ikan di Sini, Gratis

TrubusNews
Karmin Winarta | Followers 0
04 Des 2018   11:30

Komentar
Unduh Aplikasi Buku Saku Soal Penyakit Ikan di Sini, Gratis

Aplikasi buku saku penyakit ikan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Kelautan & Perikanan melalui Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan & Lingkungan Serang (LP2IL) Serang  membuat terobosan baru dengan membuat aplikasi khusus mengenai penyakit ikan. Namanya "Buku Saku". Aplikasi berbasis Android ini bisa diunduh secara gratis melalui Playstore.

Aplikasi yang diluncurkan sejak 5 November ini sampai hari ini telah diunduh lebih dari 100 orang. Aplikasi versi 1.0.0 merupakan "buku saku" mengenai penyakit ikan, baik ikan air tawar, air payau,  dan air laut. 

Lebih detail lagi setiap kategori berisi sub kategori yang menjelaskan penyebab penyakit ikan, yakni infeksius dan non infeksius. Namun sayang sekali jenis ikan yang dijelaskan dalam buku saku ini masih sedikit.

Baca Lainnya: KKP Masukkan Ikan Capungan Banggai Sebagai Satwa Dilindungi

Misalnya untuk kategoti air tawar, baru tersedia ikan lele, nila, mas dan gurame. Sementara untuk kategori air payau baru satu jenis yakni udang vaname. Untuk kategori air laut, baru tersedia informasi mengenai penyakit ikan kerapu.

Namun bagi Trubus Mania yang tertarik mengenai info penyakit ikan, tak perlu khawatir karena aplikasi buku saku pengendalian penyakit ikan ini akan diperbaruhi dan dikembangkan sesuai dengan kondisi terkini.

Buku saku ini disusun oleh tim dari Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya yang terdiri dari 10 orang dan dari Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan & Lingkungan Serang (LP2IL) sebanyak lima orang. 

Baca Lainnya: KKP Harapkan Tingkat Konsumsi Ikan Terus Meningkat

Dani Narendra, salah satu pengguna aplikasi ini menyatakan, "Aplikasi keren, mantap buat milih ikan sehat, aplikasi yang sangat berguna di kehidupan sehari-ahri.

Sementara Dinarti Kardono mengatakan, "Aplikasi yang bermanfaat meski belum sempurna, semoga segera bisa disempurnakan, " katanya.

Untuk yang biasa memakai iOS, tampaknya aplikasi buku saku ini belum tersedia. Ketika Trubus.id menghubungi nomor telepon yang tertera di akun twitter @BudidayaKKP, ternyata tidak bisa dihubungi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: