Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok untuk Jernihkan Air Kali

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
03 Des 2018   21:30

Komentar
Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok untuk Jernihkan Air Kali

Tanaman eceng gondok memenuhi kali penghubung di Kelapa Gading, Jakarta Utara. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Upaya Pemerintah Kota Jakarta Utara untuk menjernihkan air di Kali Sentiong atau Kali Item dengan menggunakan tanaman eceng gondok sudah mulai diuji coba. Senin (3/12), proses uji coba dilakukan di kali penghubung Bisma yang melintas di wilayah Sunter, Jakarta Utara.

Kepala satuan pelaksana UPK Badan Air Jakarta Utara, Lamas Sigalingging mengatakan, uji coba dilakukan untuk mengetahui seberapa besar manfaat eceng gondok dalam menjernihkan air.

Baca Lainnya : Atasi Bau Busuk, Kali Item Akan Ditanami Eceng Gondok?

"Rencana kita menanam eceng gondok ini karena kita ada literatur, penelitian yang menyatakan bahwa eceng gondok ini adalah salah satu tanaman yang mempunyai fungsi sangat bagus untuk menyerap partikel air atau juga untuk menjernihkan air," ucapnya

Di kali penghubung Bisma, petugas menanam eceng gondok di dalam kolom berukuran panjang 50 meter yang sudah dibatasi dengan pelampung. Ada dua kolom untuk uji coba dengan diberi jarak 300 meter.

Baca Lainnya : Eceng Gondok Bisa Mengurangi Bau dan Pencemaran Air di Kali Item, Tapi...

Bibit tanaman eceng gondok itu sendiri diambil dari Kali Penjaringan dan Cilincing. Tanaman yang dipilih yang sudah berukuran sekitar 20 cm. Lepas tanaman ditempatkan, petugas juga akan meneliti air di kali penghubung tersebut secara periodik. 

"Nah nanti secara periodik akan kita minta diuji lab bagaimana perkembangan air ini nantinya. Kita harapkan selama tiga bulan sekali itu akan diujikan. Nanti bisa kita lihat perbedaan sampel yang sebelum dengan setelah penanaman eceng gondok," tutur Lambas. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: