Rombongan Gajah Masuk Pemukiman di Minas, Warga Panik

TrubusNews
M Syukur | Followers 0
03 Des 2018   16:31

Komentar
Rombongan Gajah Masuk Pemukiman di Minas, Warga Panik

Gajah (Foto : Pixabay)

Trubus.id -- Warga Minas, Kabupaten Siak, dibuat heboh dengan kehadiran kawanan gajah berjumlah 10 ekor yang masuk ke pemukiman. Satwa berbadan bongsor ini juga menyusuri kantor kecamatan setempat untuk mencari makan.

Camat Minas, Hendra, dikonfirmasi dari Pekanbaru menyebut, kawanan gajah liar ini memakan tumbuhan di pekarangan rumah warga dan perkebunan warga. 

"Berdasarkan laporan kawanan ini memakan pisang dan pohon sawit," sebut Hendra, Senin (3/12/2018).

Baca Lainnya: Terluka, Anak Gajah yang Terpisah dari Induknya, Dievakuasi BBKSDA Riau

Hendra menerangkan, kawanan gajah ini dilaporkan warga mulai masuk ke pemukiman pada Minggu malam, 2 Desember 2018. Warga sudah berusaha mengusir dengan mercon tapi hewan berbadan bongsor itu belum beranjak dari pemukiman.

"Hal ini sudah dikoordinasikan dengan PLG (pusat pelatihan gajah) Minas milik Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. Gajah jinak sudah dikerahkan mengusir gajah liar ini," sebut Hendra.

Menurut Hendra, gajah masuk pemukiman warga di Minas bukan pertama kali. Setiap tahun, daerahnya selalu dilintasi gajah yang diduga berasal dari hutan kabupaten tersebut.

Baca Lainnya: Tiga Gajah Jinak dari Riau Dikirim Atasi Konflik di Jambi

Hendra menduga daerahnya merupakan perlintasan Gajah Sumatera. Hilangnya hutan membuat kawanan gajah ini menyasar tanaman yang berada dekat pemukiman.

"Hutannya sudah berangsur hilang begitu juga ketersediaan pangannya," kata Hendra.

Atas kejadian ini, Hendra prihatin terhadap warga yang isi kebunnya dimakan kawanan gajah. Pasalnya tanaman siap panen terpaksa direlakan karena gajah sudah menelannya.

"Warga mengalami kerugian materil, semoga konflik ini bisa diatasi ke depannya," harap Hendra.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: