Keren, Universitas Indonesia Bikin Alat Peringatan Dini Gempa Bumi

TrubusNews
Astri Sofyanti
02 Des 2018   21:00 WIB

Komentar
Keren, Universitas Indonesia Bikin Alat Peringatan Dini Gempa Bumi

Ilustrasi peringatan gempa bumi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Universitas Indonesia kembali menciptakan alat peringatan dini gempa bumi. Alat yang diberi nama Earthquake Warning Alert System (EWAS) ini dikembangkan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia. Nantinya, alat tersebut akan dipasang di sejumlah daerah yang rawan terjadi gempa bumi.

"Kami akan memasang peralatan ini di Donggala Palu, Cimandiri Lebak Banten dan beberapa daerah di sekitarnya. Setelah dievaluasi, pemasangan EWAS di Lombok terbukti bagus," kata Ketua Laboratorium Riset Bencana Kebumian Departemen Geosains FMIPA-UI, Dr. Supriyanto, di Depok, Minggu (2/12).

Supriyanto mengatakan jika alat canggih ini akan dipasang di sejumlah rumah warga. Tujuannya untuk membantu masyarakat di sekitar daerah rawan bencana waspada jika mendengar peringatan dini pada saat terjadi gempa bumi.

Baca Lainnya : Pemerintah Segera Garap Peta Mikrozonasi Gempa Bumi

EWAS memberi tanda peringatan berupa bunyi sirene yang keras. Setelah melalui evaluasi pemasangan di Lombok, sistem ini efektif mendeteksi guncangan gempa dengan magnitudo kecil yang terjadi beberapa saat sebelum gempa utama.

"Sistem peringatan dini ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan diri. Sehingga mampu mengurangi dampak negatif dan kerugian akibat gempa bumi," tambahnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Iran Konfirmasi Dua Kasus Kematian Akibat Virus Corona

Peristiwa   21 Feb 2020 - 15:22 WIB
Bagikan:          
Bagikan: